Ilustrasi

Survei Konsumen November 2019: Optimisme Konsumen Indonesia Menguat

(Beritadaerah – Nasional) Survei Konsumen Bank Indonesia pada November 2019 mengindikasikan optimisme konsumen menguat. Optimisme kinsmen ini terindikasi dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) November 2019 yang meningkat menjadi 124,2, dari IKK pada bulan Oktober sebelumnya sebesar 118,4.

Dalam keterangan tertulis Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) yang diterima di Jakarta, disebutkan bahwa optimisme konsumen yang menguat didorong oleh membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan. Peningkatan optimisme konsumen terjadi pada seluruh kelompok pengeluaran.

Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini yang membaik didorong oleh persepsi yang lebih baik terhadap ketersediaan lapangan kerja, penghasilan saat ini, dan pembelian barang tahan lama (durable goods).

Di samping itu, konsumen memiliki ekspektasi yang lebih baik terhadap kondisi ekonomi ke depan, baik pada kondisi kegiatan usaha, ketersediaan lapangan kerja, maupun penghasilan yang akan diterima.

Hasil survei mengindikasikan tekanan kenaikan harga dalam 3 bulan mendatang (Februari 2020) diperkirakan melambat. Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga 3 bulan mendatang yang menurun, dibandingkan dengan tekanan harga pada bulan sebelumnya.

Sementara itu, tekanan kenaikan harga diperkirakan akan sedikit meningkat pada 6 bulan mendatang (Mei 2020). Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga 6 bulan mendatang yang lebih tinggi dari indeks pada bulan sebelumnya.

Kenaikan tersebut terutama didorong oleh peningkatan permintaan barang dan jasa pada periode bulan Ramadhan dan Idulfitri.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani