Ilustrasi: Kawasan pariwisata Mandalika di Provinsi Nusa Tenggara Barat (Foto: Kemkominfo)

Kawasan Pariwisata Mandalika, Perlu Kontribusi Masyarakat

(Beritadaerah – Nasional) Pembangunan kawasan pariwisata Mandalika yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), oleh Anggota Komisi V DPR RI, Suryadi Jaya Purnama dinilai perlu melibatkan masyarakat sekitar, agar berdampak positif bagi kesejahteraan penduduk.

“Jangan sampai pembangunan kawasan pariwisata ini malah hanya menjadikan masyarakat setempat sebagai penonton atau tidak mendapat apa-apa,” “kata Suryadi .

Mandalika, sebagai salah satu destinasi super prioritas dari Kemenpar, benar-benar diharapkan  pembangunannya akan membuat peluang kesempatan kerja di daerah tersebut terbuka makin luas. Dampaknya akan signifikan terhadap kondisi perekonomian masyarakat, sehingga menjadi lebih baik dengan adanya partisipasi aktif dalam pembangunan tersebut.

“Kondisi masyarakat di sana membutuhkan mulai dari tahapan pembangunan sudah seharusnya masyarakat dapat dilibatkan secara aktif,” imbuhnya.

Tak hanya itu, pengelolaan kawasan ini juga harus melibatkan masyarakat. Diantaranya dengan memberikan pelatihan dan pendidikan kepariwisataan. Sehingga mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan ketika berhadapan dengan wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Hal tersebut sudah mulai dirintis oleh Pemerintah Provinsi NTB dengan pemerintah pusat lewat pembangunan sekolah pariwisata.”Cara lain yang bisa dilakukan untuk melibatkan masyarakat lokal dalam kawasan pariwisata baru ini adalah dengan memberikan ruang atau area khusus bagi masyarakat lokal menjual kerajinan tangan dan produk-produk lokal yang dihasilkannya,” pungkas Suryadi.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani