Event Digifish 2019, KKP Dorong Inovasi Teknologi Digital di Sektor Perikanan

(Beritadaerah – Jakarta) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bekerja sama dengan Minapoli dan Himpunan Alumni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB  mengelar Digifish 2019 yang berlangsung di Kantor KKP, Jakarta, Selasa (3/12). Dalam event ini KKP mendorong para pelaku usaha perikanan untuk melakukan terobosan-terobosan melalui inovasi teknologi digital. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo saat membuka perhelatan Digifish 2019 yang bertajuk “Incubating Ecosystem of Digital Innovation”. Event ini merupakan kali kedua Digisfish diselenggarakan,  setelah digelar perdana pada tahun 2018 lalu.

Rangkaian event Digifish 2019 terdiri dari conference, startup showcase, innovation expo hingga networking session. Turut hadir dalam kesempatan ini Direktur Jenderal Budidaya Slamet Soebjakto; Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Rina; Rektor IPB Luki Andrianto; Dekan Fakultas Ilmu Perikanan UNPAD Yudi Nurul Ikhsan; CEO Minapoli Rudi Setya Purnama; Ketua Himpunan Alumni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB; serta para pelaku usaha industri kelautan dan perikanan.

Menteri Edhy mengatakan, perkembangan teknologi dan digitalisasi merupakan terobosan global yang tak bisa dihindari. Perkembangan industri 4.0 mendorong dunia usaha, termasuk perikanan, untuk membuat inovasi-inovasi ke arah pemanfaatan teknologi dan ekonomi digital.

Inovasi tersebut, lanjutnya, bisa berupa perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Dalam bidang hardware, Menteri Edhy mencontohkan inovasi berupa kincir dari paralon yang telah berhasil dikembangkan oleh siswa Politeknik Kelautan dan Perikanan di Sidoarjo, Jawa Timur.

“Kemarin saya jalan dan lihat langsung bagaimana anak-anak kita sudah bisa membuat paralon menjadi kincir untuk memutar air di pertambakan udang. Nah, bagaimana kita memperbanyak inovasi-inovasi seperti ini? Ini salah satu tantangan kami di KKP,” kata Edhy yang dikutip laman KKP, Selasa (3/12).

Untuk itu, Menteri Edhy mendorong para pelaku usaha perikanan untuk memanfaatkan peluang ini dengan membuat inovasi-inovasi baru guna mengoptimalkan industri perikanan melalui konferensi, startup showcase, sesi networking, dan pameran inovasi dalam Digifish 2019.

Sementara itu CEO Minapoli Rully Setya Prunama menjelaskan Digifish 2019 diselenggarakan untuk menginkubasi lahirnya ekosistem inovasi digital kelautan dan perikanan sehingga inovasi yang muncul mulai dari perguruan tinggi dapat terkonversi hingga dapat digunakan oleh pelaku industri. Selain itu, seluruh pihak yang terlibat juga berupaya untuk mencari solusi atas tantangan yang ada di bidang perikanan.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.