BUMN – Raksasa Penggerak Pembangunan Dan Penghasil Keuntungan

(Beritadaerah-kolom) BUMN Indonesia telah berkembang pesat dan ada di 13 sektor menyerap lebih dari 1 juta tenaga kerja di Indonesia dan memiliki 8.100 triliun rupiah (~USD 575 billion) total asset. Indonesia memiliki 143 BUMN terdiri lebih dari 800 anak dan cucu perusahaan. Pada tahun 2018, BUMN Indonesia membukukan Rp 188 Triliun (~USD 13 billion) laba bersih, sebuah angka yang besar. Jenis bisnis BUMN sangat bervariasi, mulai dari manufaktur, penyedia informasi dan telekomunikasi, perbankan dan lembaga keuangan hingga pertambangan dan konstruksi. BUMN adalah salah satu pemberi kerja terbesar di Indonesia, saat ini BUMN memiliki lebih dari 1 juta karyawan (belum termasuk karyawan anak perusahaan). BUMN memiliki 7 Perusahaan Holding yang diharapkan untuk mendorong BUMN Indonesia menjadi lebih besar, kuat, dan lincah.

BUMN memiliki balance sheet yang kuat dan didukung dengan konsolidasi laba yang terus meningkat, serta mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap pendapatan negara melalui pembayaran pajak, dividen, dan non-pajak.

Sumber: Kementrian BUMN

Program Holding Sektoral akan diseleksi dan ditetapkan berdasarkan value yang dapat diciptakan lewat pembentukan Holding. Pertama Holding jasa survey dengan Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) menjadi calon Holding. Tujuan utamanya adalah meningkatkan daya saing produk dan jasa nasional melalui jasa survei yang lebih komprehensif dan berkualitas tinggi. Kedua Holding Asuransi & Penjaminan, Bahana (Persero) menjadi calon Holding dengan tujuan utama memperkuat fungsi investasi, tata kelola produk dan meningkatkan kompetensi SDM, terkait aktuarial dan pengembangan produk. Ketiga, Holding Pengelolaan Aset BUMN, Perusahaan Pengelolaan Aset (PPA) menjadi calon Holding dengan tujuan utama, pengelolaan asset BUMN eks restrukturisasi untuk dapat dikelola secara lebih komprehensif dan dilakukan penyehatan. Keempat, Holding sarana prasarana perhubungan udara dan ekosistem pariwisata, dengan Angkasa Pura II (Persero) menjadi calon Holding yang memiliki tujuan utama, standarisasi layanan perhubungan udara dan menghubungkan ekosistem pariwisata dengan konektivitas perhubungan udara. Holding pelabuhan dan maritim saat ini sedang dilakukan review kajian untuk struktur holding. Tujuan utamanya meningkatkan sinergi BUMN Pelabuhan dan BUMN yang terkait dengan jasa maritime.

Pembenahan governance, peningkatan transparansi, dan pembentukan Talent Pool. Kementerian BUMN mendorong seluruh BUMN dapat bergerak lebih cepat demi meningkatkan kontribusi kepada negara.

Sumber: Kementrian BUMN

Melihat size BUMN yang demikian besar, BUMN memiliki peran ganda yang berpengaruh penting bagi Indonesia. Fungsi pertama adalah policy tools dan kedua sebagai mesin pemerintah untuk profit making, BUMN akan memiliki fungsi untuk membiayai proyek-proyek pemerintah sehingga meminimalisasi besarnya hutang pemerintah. Menarik Foreign Direct Investment (FDI) juga merupakan fokus BUMN. Penurunan FDI ditambah kondisi over leverage BUMN meningkatkan risiko pertumbuhan ekonomi sehingga diperlukan cara baru untuk menarik minat investor asing. Diperlukan terobosan untuk menarik FDI dengan kepastian hukum seperti Sovereign Wealth Fund.

About Fadjar Dewanto

Partner in Business Advisory Vibiz Consulting, Advisor LEPMIDA (Lembaga Pengembangan Manajemen dan Investasi Daerah) who is active as editor and a columnist on Vibiz Media Network and especially on Leadership update.

3 comments

  1. Permisi semua, ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan bermodal hanya 20K saja bisa berkesempatan menang hingga puluhan juta rupiah, banyak promo menarik yang kami tawarkan :
    – Extra Bonus 200%
    – Bonus Cashbak 100% kekalahan Modal pertama kami ganti.
    segera bergabung bersama kami di qqharian.info

  2. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Sport165 titik co sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Sport165 titik co paling best ya guys…

  3. BUMN penghasil dana pembangunan negara yang harus dijaga dan dikembangkan untuk lebih menguntungkan lagi di masa datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.