Forum Bisnis di Korsel, BKPM Tekankan Kerjasama dengan Pengusaha Lokal

(Beritadaerah – Jakarta) Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melakukan pertemuan dengan sekitar 100 pengusaha Korea Selatan dan anggota asosiasi usaha pada Business Forum (Forum Bisnis) yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan pada Rabu tanggal 27 November 2019. Sebelumnya BKPM juga melakukan pendampingan dari rangkaian kegiatan Presiden Jokowi untuk menghadiri ASEAN-ROK Commemorative Summit di Busan, Korea Selatan.

Forum bisnis tersebut dibuka oleh Duta Besar RI untuk Republik Korea Selatan Umar Hadi dan penyampaian pidato kunci oleh Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dengan mengangkat tema “Strengthening Trade, Investment and Economic Partnership”. Sedangkan dari pihak BKPM dalam hal ini diwakili oleh Imam Soejoedi, Direktur Promosi Sektoral, menyampaikan kembali beberapa hal yang merupakan arahan Presiden RI pada beberapa kesempatan.

“Fokus BKPM yaitu pada enam KPI. Salah satu yang kami tekankan adalah kemitraan dengan pengusaha lokal yang sangat penting bagi investasi khususnya investasi besar dan strategis. Pengusaha lokal memiliki jaringan yang dapat dimanfaatkan oleh para investor sehingga realisasi investasi menjadi lebih mudah dan cepat. Sebaliknya pengusaha lokal juga dapat meningkatkan kapasitasnya dan pada akhirnya akan tercipta situasi win-win yang akan menguntungkan bagi investasi yang dilakukan,” kata Imam Soejoedi dalam siaran pers yang diterima oleh Beritadaerah.co.id, Rabu (27/11).

Sehari sebelumnya Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyampaikan bahwa BKPM memiliki visi untuk tidak saja mengejar investasi asing, namun juga akan mengejar investasi domestik yang diharapkan semakin menguat untuk mengimbangi investasi asing yang masuk dan bekerjasama satu sama lain.

Fokus dan prioritas Presiden Jokowi pada saat ini adalah pengembangan SDM, pengembangan infrastruktur yang berkualitas, mengurangi peraturan yang menghambat, penyederhanaan birokrasi serta transformasi ekonomi yang diterjemahkan BKPM melalui fokus pada 6 (enam) KPI (Key Performance Indicators).

Keenam hal tersebut adalah meningkatkan peringkat kemudahan berusaha, eksekusi investasi besar dan strategis, mendorong kemitraan investor asing dengan pengusaha lokal, penyebaran investasi yang berkualitas dan memperbaiki strategi promosi investasi terfokus pada sektor dan negara serta meningkatkan investasi domestik khususnya pengusaha kecil dan menengah.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.