Pemerintah Jajaki Kerja Sama Kelautan dan Perikanan dengan Portugal

(Beritadaerah – Jakarta) Duta Besar Indonesia untuk Portugal Ibnu Wiwoho Wahyutomo bertemu dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Selasa (26/11) pagi. Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas rencana pembentukan Indonesia-Portugal Maritime Forum dan potensi kerja sama kelautan dan perikanan kedua negara.

“Pada prinsipnya kami mendukung pembentukan Indonesia-Portugal Maritime Forum dan menyatakan siap menandatangani MoU kerja sama apabila diperlukan,” kata Menteri KKP Edhy yang dikutip laman KKP, Selasa (26/11).

Menteri Edhy menyatakan antusiasme terhadap rencana kerja sama ini dan berharap kerja sama dengan Portugal dapat diarahkan kepada peningkatan kemampuan pemasaran produk kelautan dan perikanan Indonesia di pasar dalam dan luar negeri. Bahkan ekspor perikanan Indonesia ke Portugal dapat meningkat.

Dalam pertemuan ini, Dubes Ibnu menyampaikan Indonesia dan Portugal memiliki kesamaan platform dokumen kelautan yaitu Kebijakan Kelautan Indonesia (KKI) dan Portugal National Ocean Strategy (NOS) 2013-2020. Portugal pun menyambut baik inisiasi Pemerintah Indonesia (Pemri) untuk membentuk Indonesia-Portugal Maritime Forum yang dituangkan dalam bentuk perjanjian kerja sama. Sebagai tindak lanjut hal tersebut, KBRI Portugal telah menyusun draf MoU Kerja Sama Maritim RI-Portugal dan akan dibahas di dalam negeri dengan K/L beberapa waktu ke depan.

Sementara itu, terkait recana kerja sama maritim, Dubes Ibnu menyampaikan 5 usulan kerja sama konkret dari Portugal. Kerja sama tersebut di antaranya: 1) pengembangan turbin laut/floating wind turbine; 2) peningkatan kapasitas nelayan, salah satunya melalui standardisasi dan atau sertifikasi nelayan/ABK yang sedang dan akan bekerja di Portugal; 3) inovasi perusahaan start-up bidang kelautan; 4) teknologi pemantauan IUU Fishing; 5) pengembangan ocean farming.

Ditambahkan oleh Dubes Ibnu bahwa Portugal berharap dapat belajar dari Indonesia untuk ocean farming. Pada tahun 2020, Portugal juga akan menyelenggarakan Ocean Meeting dan mereka mengundang Menteri KKP RI untuk dapat hadir.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.