Ilustrasi : Turis Mancanegara Menikmati Keindahan Sawah Terasering di Ubud, Bali (Foto : Kemparekraf)

Bali Resmi Menjadi Tuan Rumah Asian Animation Summit 2020 dan 2021

(Beritadaerah – Jakarta) Sebagai destinasi yang populer di mancanegara, Bali telah menjadi pilihan lokasi event internasional, salah satunya yang akan diselenggarakan di Bali adalah Asian Animation Summit pada tahun 2020 dan 2021. Terpilihnya Bali sebagai tuan rumah Asian Animation Summit secara resmi setelah Kidscreen dan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menandatangani perjanjian. Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Akses Permodalan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Fadjar Hutomo di Jakarta, Senin (25/11).

Ajang bergengsi Asian Animation Summit nantinya akan menampilkan proyek animasi terkuat di Asia yang bisa mendatangkan investor. Disamping itu pemilihan Bali sebagai tuan rumah sangat tepat, karena Bali adalah surga bagi wisatawan dan sudah berkali-kali mendapatkan penghargaan internasional. Bali juga sudah mempunyai pengalaman menjadi tuan rumah MICE tingkat dunia.

“Kami sangat berterima kasih atas kolaborasi ini. Kami berencana untuk mempromosikan industri animasi Indonesia, secara global, dan momen ini akan menjadi saat yang tepat,” kata Fadjar Hutomo dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Senin (25/11).

Dalam dua tahun terakhir Asian Animation Summit berlangsung di Seoul, Korea Selatan, dan Brisbane, Australia. Sekitar 50 persen dari proyek yang memulai debutnya di Asian Animation Summit, telah masuk ke produksi. Seperti Bluey yang diambil oleh Disney. Selain itu juga Bottersnikes & Gumbles (2012), Kuu Kuu Harajuku (2013), Wonderballs (2012), dan Balloon Barnyard (2014).

Tahun ini, terdapat 25 proyek animasi baru yang mencari mitra dan pendanaan. Proyek-proyek itu datang dari Korea, Malaysia, Australia, Thailand, dan Indonesia.

Fadjar berharap dengan ajang ini dapat menjadikan Asian Animation Summit lebih besar dan menjadi daya tarik bagi calon pesertanya. Indonesia memiliki bakat animasi, dan memiliki fasilitas seperti studio yang dapat dikunjungi peserta.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang langsung ke Bali selama Januari hingga September 2019 tercatat sebanyak 4.672.230 orang. Dengan event ini nantinya akan meningkatkan kunjungan wisman ke Indonesia khususnya ke Bali.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.