Mentan Lepas Ekspor Produkayam dan Pakan (Foto: Kemkominfo)

Mentan Lepas Ekspor Produk Charoen Pokphand ke Timor Leste dan Jepang

(Beritadaerah – Nasional) PT Charoen Pokphand Indonesia mengekspor 16 kontainer produk olahan ayam, griller ayam dan pakan ayam ke Republik Demokrat Timor Leste (RDTL) dan Jepang senilai Rp 2,5 miliar.

Dengan pengiriman kali ini, maka Charoen Pokphand telah genap mengirim sebanyak 200 kontainer produk ayam olahan dan pakan ayam ke luar negeri sejak 2017.

Charoen Pokphand berhasil mengekspor 16 kontainer produk ayam dan pakan ini karena dukungan Pemerintah khususnya Kementerian pertanian dan Kementerian Perdagangan.

Ekspor ke Jepang dan Timor Leste ini dilepas langsung oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang didampingi oleh Komisaris Utama PT. Charoen Pokphan T Hadi Gunawan serta sejumlah pejabat Kementerian Perdagangan dan Kementerian Koordinator Perekonomian.

Pelepasan kontainer ke-200 tersebut dilakukan secara simbolis oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Kantor Pusat CPI, Jakarta. Mentan Syahrul Yasin Limpo mengaku bangga dengan pelepasan ekspor ini. Sesuai arahan Presiden Jokowi, saat ini Indonesia adalah saat menggenjot ekspor, bukan impor.

“Sesuatu yang membanggakan saya, ini yang diminta bapak presiden. Jangan terlalu bicara impor, tapi ekspor. Impor itu setelah segala upaya yang sudah ditempuh, sudah tidak ada cara lagi, barulah impor,” ucap Syahrul di sela-sela pelepasan ekspor, Minggu (24/11/2019).

Presiden Komisaris Charoen Pokphand T Hadi Gunawan mengatakan, dengan pengiriman ini maka Charoen Pokphand telah genap mengekspor sebanyak 200 kontainer. Hadi menyampaikan, pada saat ini Indonesia sudah swasembada daging ayam dan dengan dukungan pemerintah yang sangat kuat maka Charoen Pokphand tertantang untuk menembus pasar ekspor.

“Ekspor ini terjadi berkat berbagai upaya yang telah dilakukan CPI dengan peran dan dukungan dari Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan Indonesia,” katanya.

16 kontainer yang dikirim untuk dua negara tujuan yakni Timor Leste dan Jepang, terbagi menjadi 5 kontainer berisi griller dan 10 kontainer pakan akan dikirim ke Timor Leste, dan satu kontainer produk olahan ayam dikirim ke Jepang.

Herwantoro/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

 

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.