Ilustrasi: Terminal-Petikemas-Kalibaru-Pelabuhan-Tanjung-Priok-Jakarta (Foto: Rully/ Vibizmedia)

PT Pelindo II Optimis Raih Laba Bersih Tahun Ini Lampaui Rp2,43 Triliun

(Beritadaerah – Ekonomi Bisnis) PT Pelabuhan Indonesia II atau sering dikenal dengan Pelindo II dan  nama dagang Indonesia Port Corporation (IPC) adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dibidang logistik, secara spesifik pada pengelolaan dan pengembangan pelabuhan.

IPC mencatatkan perolehan laba perusahaan sampai dengan kuartal ketiga 2019 mencapai Rp2,21 triliun. Angka tersebut naik 18,38 persen dibandingkan dengan capaian kuartal ketiga pada 2018. Sementara pendapatan usaha mencapai Rp8,56 triliun atau naik 2,41 persen dibandingkan dengan capaian periode yang sama pada 2018.

“IPC optimistis laba bersih tahun ini bisa melampaui laba bersih perusahaan 2018 yang sebesar Rp2,43 triliun,” ujar Direktur Utama IPC, Elvyn G. Masassya di Jakarta, Rabu (20/11).

Jika dilihat dari kinerja operasional, lalu lintas arus peti kemas hingga kuartal ketiga tercatat sebesar 5,62 juta TEUs. Capaian ini naik dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat 5,58 juta TEUs.

Demikian juga dengan arus non peti kemas yang terealisasi sebesar 43,2 juta ton. Angka ini naik 1,14 persen dibandingkan periode yang sama pada 2018 sebesar 42,7 juta ton.

Sementara itu, di sisi arus kapal yang keluar masuk pelabuhan, terjadi penurunan sebesar 2 persen, yaitu dari 158,3 juta GT menjadi 154,5 juta GT. Elvyn tidak menutup kemungkinan bahwa terjadinya penurunan ini berhubungan dengan melemahnya arus ekspor/impor nasional.

Di sisi lain, IPC mencatat kenaikan arus penumpang, dari 505 ribu penumpang menjadi 905,5 ribu penumpang.

“Arus penumpang yang tumbuh 81,11 persen menunjukkan bahwa moda transportasi laut kembali menjadi alternatif. Kedepannya IPC akan melakukan modernisasi dan digitalisasi sarana dan prasarana di terminal penumpang,” katanya.

Herwantoro/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center