Ilustrasi: UMKM (Photo: Kemenkeu)

Pentingnya Regulasi Pemerintah Tidak Batasi Inovasi UMKM

(Beritadaerah – Jakarta) Deputi Infrastruktur Badan Pariwisata dan Industri Kreatif (Bekraf) Hari Sungkari menyampaikan bahwa tugas pemerintah adalah menjodohkan antara produk, pasar dan permodalan dalam acara Scale Up Asia 2019 yang diselenggarakan oleh Endeavor Indonesia pada Rabu, (20/11) di Hall Ballroom Senayan City, Jakarta.

Kolaborasi antara pemerintah dan swasta atau start-up (public and private collaboration) makin dapat dimungkinkan untuk meningkatkan (scale-up) bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Sebelumnya, ia juga berpesan untuk membuat sebuah brand lebih dari sekedar produk atau scale-up (meningkat), maka start-up atau UMKM perlu memperhatikan target pasar, sumber daya manusia (SDM) sebagai talent, mempatenkan kekayaan intelektual, serta menghimpun modal.

Hal yang pertama harus tahu target pasar. Kemudian talentanya, tenaga kerjanya. Bangun kekayaan hak cipta intelektual atau paten untuk scale up brand. Berikutnya modal dan pasar. Permodalan bisa dari fintech, demikian dia jelaskan. Hari juga menambahkan bahwa Bekraf juga mendidik bank agar collateral (jaminan) dapat fleksibel untuk permodalan usaha ekonomi kreatif, tidak hanya melihat dari tangible asset namun juga intangible asset.

Sementara itu salah satu masalah bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam memulai usahanya adalah permodalan. Sedangkan saat ini regulasi di bank sangat ketat untuk pembiayaan dengan proses akuisisi yang mahal serta bank mensyaratkan adanya collateral atau jaminan bagi peminjam.

Saat ini investree menganalisis keuangan UMKM dari digital footprint mereka yang saat ini makin umum menggunakan payment digital dan cloud accounting. CEO Investree Adrian Gunadi menyampaikan sebagai berikut, “Pada bisnis cash flow base lending, saat ini UMKM yang makin digital (payment gateway, cloud accounting) bisa dilakukan kredit analisis dari digital footprint mereka,”.

Dia menambahkan juga bahwa antara pemerintah dan swasta terutama UMKM perlu bermitra untuk membuat ekosistem yang kondusif untuk scale-up UMKM. Artinya perlu ada regulasi dari pemerintah namun tidak mengekang inovasi untuk mengembangkan bisnis. Bagi investor, jika regulasinya jelas maka akan makin confident untuk berinvestasi.

About Endah Caratri

Endah Caratri is a Senior Editor Vibiz Media Network, Partner of Management & Technology Services Vibiz Consulting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.