Ilustrasi : Kepala BKPM Bahlil Bersama dengan Gubernur Jateng Ganjar di Central Java Investment Business Forum (Foto: BKPM).

Kepala BKPM Bahlil Kunjungan ke RRT, Korsel, dan Jerman Rayu Investor

(Beritadaerah – Jakarta) Menurut laporan International Monetary Fund (IMF), pertumbuhan ekonomi dunia pada tahun 2019 mencapai titik terendah sejak terjadinya krisis. Secara bersamaan juga terjadi berbagai kericuhan politik dibeberapa bagian negara dunia seperti Hong Kong, Chile, Bolivia serta Iran.

Terkait dengan hal tersebut, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia melakukan kunjungan kerja ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Korea Selatan, dan Jerman mulai tanggal 20 hingga 29 November 2019.

“Dalam kunjungan tersebut, Kepala BKPM akan meyakinkan calon investor di RRT dan Korea Selatan,” kata Anggota Komite Investasi Bidang Komunikasi dan Informasi BKPM Rizal Calvary Marimbo dalam keterangan persnya kepada Beritadaerah.co.id, Selasa (19/11).

Rizal mengatakan, posisi Indonesia sebagai tujuan investasi sangat strategis ke depan. Mengingat ada ancaman gejolak dan instabilitas yang sedang terjadi di beberapa negara tujuan investasi utama, misalnya di Amerika Latin ada masalah di Meksiko, Bolivia, dan Venezuela. Kemudian ada masalah di Hong Kong. Di Eropa ada Brexit. Negara-negara maju di Asia seperti Jepang dan Singapura menghadapi ancaman resesi. Ada juga ancaman negative rate pada sektor keuangan di negara-negara maju itu.

Rizal jelaskan bahwa Kepala BKPM Bahlil akan berjumpa dengan pengusaha setempat secara one-on-one di Beijing, RRT pada tanggal 20-22 November 2019. Setelah itu,  Sabtu (23/11), Kepala BKPM akan bertemu sejumlah investor di Seoul, Korea Selatan. Minggu hingga Selasa (24-26/11), Kepala BKPM akan berada di Seoul dan Busan, Korea Selatan.  Selama tiga hari, Kepala BKPM akan bergabung dengan rombongan Presiden Joko Widodo dan para Menteri lainnya untuk mengikuti Forum ASEAN-Republic of Korea CEO Summit di Busan.

Di Korea, Kepala BKPM direncanakan akan meneken nota kesepahaman dengan Hyundai Motor Company (HMC) di kompleks pabrik Hyundai yang berlokasi di Ulsan, Korea Selatan. Selanjutnya Team Kepala BKPM akan bertolak ke Munich, Jerman. Di Jerman, Kepala BKPM bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan akan melakukan one-on-one meeting dengan perusahaan asal Jerman BASF dan VW Wolfsburg.

Dengan kondisi ekonomi global saat ini menurut Kepala BKPM adalah peluang. Saatnya Indonesia meningkatkan daya saingnya untuk menarik dana-dana investasi dari negara-negara tersebut. Kita rayu masuk ke Indonesia, kata Rizal.

Rizal menjelaskan, stabilitas politik dan ekonomi Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi investor. Selain itu, Indonesia juga memiliki pasar yang besar serta ketersediaan bahan baku untuk industri. Terlebih saat ini Pemerintah sedang bekerja keras melakukan penyederhanaan prosedur, regulasi, perizinan, dan perpajakan agar investor menjadikan Indonesia sebagai surga investasi dunia.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

One comment

  1. Poker165,co merupakan situs game online aman dan terpercaya yang menyediakan Berbagai Promo salah satunya Tripple Bonus yang Wow dan tidak pernah anda jumpai di tempat lain.
    Buruan bergabung serta Menangkan Hadiah & permainan nya, Cukup 1 user id saja anda bisa banyak bermain game.
    Pelayanan cepat, aman & terbaik!, Cs kami siap melayani Anda 24 jam nonstop!!!
    Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +855973489346
    silahkan bisa di cek ke TKP dan buktikan sekarang juga. . .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.