Ilustrasi : Pembangunan Gerbang Tol Terbanggi di Jalan Tol Trans Sumatera

Dampak Tol Trans Sumatera Ruas Terpeka, Palembang Jakarta Hanya 7 Jam

(Beritadaerah – Nasional) Dengan beroperasinya Jalan Tol Trans Sumatra ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayuagung (Terpeka), usai diresmikan Presiden Joko Widodo 15 Nov 2019 lalu, sangat membantu masyarakat, terutama pada masa-masa mudik, karena keberadaan ruas tol sepanjang 189 kilometer ini bisa memangkas waktu perjalanan darat.

“Bayangkan, Jakarta-Palembang bisa ditempuh dalam waktu tujuh jam saja,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di Palembang, Minggu (17/11/2019), didampingi Gubernur Sumsel Herman Deru di Palembang.

Menurut Budi Karya, ruas tol ini bisa menjadi opsi bagi para pemudik. Bahkan, kini para pengendara justru memilih opsi untuk menggunakan ruas tol ini. Mengingat jalan lintas sering terjadi kemacetan. Untuk tarif tol, kata Budi, saat ini masih menunggu keputusan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Sementara, Gubernur Sumsel, Herman Deru, menambahkan, keberadaan ruas tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayuagung ini sangat bermanfaat bagi Sumsel terutama dalam peningkatan perekonomian di Bumi Sriwijaya, karena itu, dia menargetkan pertumbuhan ekonomi di Sumsel mampu meningkat hingga 6 persen.

“Sekarang kan pertumbuhan ekonomi di Sumsel mampu mencapai 5,8 persen, dengan adanya tol ini kita tidak usah terlalu tinggi cukup 6 persen saja,” ujarnya.

Untuk diketahui, Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yaitu ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) sepanjang 189 km, diresmikan Presiden Joko WIdodo pada Jumat (15/11) lalu, di Gerbang Tol Simpang Pematang, kilometer 240, Mesuji, Lampung. (Baca: Presiden Resmikan Tol Trans Sumatera Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung)

Ruas tol ini secara keseluruhan membentang dari Lampung hingga Sumatera Selatan. Tiga Ruas tol ini sendiri terbagi terbagi atas 2 seksi dimana, Seksi I ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang terhampar sejauh 112km kemudian Seksi II ruas Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 77km.

Tol Terpeka memiliki 17 jembatan, 6 simpang susun dan 23 underpass yang akan memperlancar aksesibilitas serta perjalanan dari dan menuju ke arah Palembang, Sumatera Selatan. Tol dengan lebar jalur utama sebesar 3.6 M untuk tiap lajur ini dilengkapi dengan 6 Gerbang Tol (GT) yaitu GT Gunung Batin di KM 26, GT Menggala yang ada di KM 43, GT Lambu Kibang di KM 61, GT Way Kenanga di KM 77, GT Simpang Pematang di KM 99, dan GT Kayu Agung di KM 188.

Herwantoro/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

One comment

  1. Dapatkan BONUS++ TAMBAHAN LANGSUNG 5% SETIAP KALI DEPOSIT BERKELIPATAN 100K hanya di (QQHarian,info) sekarang juga guys. . .🥳🥳😘

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.