(Beritadaerah – Nasional) Presiden Joko Widodo, hari ini, 15 November 2019 meresmikan ruas Tol Trans Sumatera Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, Provinsi Lampung.

Presiden Jokowi dan rombongan bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Bandar Udara Radin Inten II, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, pukul 08.10 WIB. Tiba di Lampung, Presiden Jokowi dan rombongan menyempatkan inspeksi ke RSUD Dr. H. Abdul Moeloek, yang terletak di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Usai inspeksi di RSUD, Presiden Jokowi menuju lokasi Peresmian dipusatkan di Gerbang Tol Simpang Pematang KM 240, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung.

Inilah jalan tol terpanjang yang diresmikan oleh Presiden Jokowi yakni sepanjang 189 km yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera. Diharapkan jalan tol ini akan segera tersambung ke Palembang bahkan sampai ke Banda Aceh pada tahun 2024.

Dalam sambutan pembukaan Presiden Jokowi menekankan manfaat dan arti keberadaan jalan tol ruas Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung ini, yaitu:

  1. Penciptaan titik-titi pertumbuhan ekonomi baru
  2. Perbaukan Jaringan logistik yang lebih baik
  3. Memberikan fasilirasi kepada produksi, kalau ada karet, sawit, ikan
  4. Penciptaan lapangan kerja
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, karena tol tidak hanya di Jawa
  6. Membangun peradaban, dari sebelumnya lewat jalan kampung, jalan kabupaten, jalan provinsi, jalan nasional, kini jalan tol. Mobilitas orang dan barang jadi cepat sekali.

Turut menyertai Presiden dalam peresmian jalan tol ini: Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Staf Khusus Presiden M. Fadjroel Rachman. Juga Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto,  Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Nugroho, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

 

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.