Para Menko dalam Panel Diskusi, Rakornas Pemerintah Pusat dan Forkopimda 2019 di SICC, 13 Nov 2019 (Foto: Otto M/ Beritadaerah)

Optimisme Pimpinan Daerah Tindak Lanjuti Visi Indonesia Maju

(Beritadaerah – Nasional) Pada hari Rabu (13/11/2019) telah berlangsung Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia, di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor-Jawa Barat.

Mendagri Tito Karnavian, dalam kata sambutan mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo telah memaparkan visi dan misinya untuk lima tahun pemerintahan ke depan. Namun paparan itu belum pernah dilakukan secara langsung di hadapan seluruh unsur pimpinan daerah. (Baca: Mendagri Tito Imbau Pemda Segera Tindaklanjuti Hasil Rakornas)

Sehingga pada Rakornas tersebut Tito ingin agar lima visi yang dipaparkan Presiden Joko Widodo, mulai dari pembangunan manusia, pendidikan dan kesehatan, melanjutkan infrastruktur, menyederhanakan aturan investasi, dan reformasi birokrasi, bisa benar-benar dipahami. Termasuk keinginan Presiden  untuk mempermudah membuka lapangan kerja, harus dipahami di tingkat daerah.(Baca: Jokowi: Pentingnya Menjaga Harmonisasi Daerah)

Sesuai keterangan Mendagri sebelum meminta Presiden meresmikan Rakornas, acara dihadiri oleh  2.693 pimpinan daerah, mulai dari kepala daerah, DPRD, Kejaksaan, Polri, juga TNI.

Usai pemaparan visi Presiden yang disampaikan oleh para Menteri Kabinet Indonesia Maju melalui Panel Diskusi sepanjang hari, beberapa pimpinan daerah sempat diwawancara oleh Beritadaerah seperti: Ganjar Pranowo – Gubernur Jawa Tengah; Sri Sultan Hamengkubuwono – Gubernur DIY; Usman Wanimbo – Bupati Kabupaten Tolikara; Dewanti Rumpoko – Walikota Kota Batu, Jawa Timur; Eddy Kelleng Berutu – Bupati Kabupaten Dairi, Sumatera Utara; Me Hoa – Ketua DPRD Kabupaten Bangka Tengah; Baskami Ginting – Ketua DPRD Sumatera Utara; dan Mayjen TNI Benny Susianto – Pangdam IX/ Udayana.

Para pimpinan daerah ini memberikan respon positif dan optimisme tinggi untuk implementasi arahan-arahan yang disampaikan pada Rakornas ini, bagi pemerintahan di daerahnya.

Otto M/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani