(Beritadaerah – Nasional) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M.Tito Karnavian menindaklanjuti hasil Rakornas Indonesia Maju Pemerintah Pusat, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang berlangsung di Bogor kemarin, mengimbau Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mengimplementasikannya segera.

”Kami harap Rakornas ini dapat di follow up untuk bersinergi, terutama untuk memasukkan program nasional ke dalam program kerja dan anggaran daerah,” kata Mendagri, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/11/2019).

Menurut Mendagri, Presiden Joko Widodo menggarisbawahi tentang antisipasi potensi dan kerawanan yang harus dihadapi bangsa Indonesia, seperti bonus demografi, ketersediaan lapangan kerja, dan jumlah pengangguran yang masih tinggi.

Selain itu, dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan infrastruktur pelayanan dasar, sebelumnya telah diterjemahkan para Menko dan Menteri dalam program yang lebih riil untuk dilaksanakan oleh Pemda sesuai kebutuhan.

”Presiden juga menekankan bagaimana membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya, agar angkatan kerja dapat mendapatkan pekerjaan, sehingga dalam persaingan global kita tidak kalah. Untuk itu perlu pembangunan SDM yang unggul, dan ini sudah diterjemahkan oleh sejumlah Menteri terutama dalam bidang kesehatan dan pendidikan, serta infrastruktur untuk membangun pelayanan dasar yang telah dibahas dalam panel tersendiri,” tambahnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo  meminta agar penyederhanaan regulasi dilakukan hingga tingkat Pemda agar membuka peluang investasi seluas-luasnya, khususnya untuk investasi berorientasi ekspor dan yang membuka lapangan kerja baru.

Togu H/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.