Ilustrasi: Mentan Ajak Seluruh ASN Kementan Manfaatkan Industri 4.0 (Foto: Kominfo)

Syahrul Ajak Seluruh ASN Kementan Manfaatkan Industri 4.0

(Beitadaerah – Nasional) Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam rangka sosialisasi penguatan penyuluh dan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), mengajak seluruh jajarannya agar melangkah lebih maju di era industri 4.0. Hal tersebut tak lain guna menjamin ketersediaan komoditas pangan strategis 3 bulan kedepan untuk memenuhi kebutuhan pangan 267 juta penduduk.

BPP dalam hal ini sebagai sebagai pusat data dan informasi pertanian serta pusat gerakan pembangunan pertanian. “Sosialisasi Komando Strategis Pembangunan Pertanian di Kecamatan (KOSTRATANI)” oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian.

Mentan Syahrul, menyampaikan, di era industri 4.0 saat ini, kata mandiri itu harus ada, harus ada kata modern, antara lain berorientasi pada tantangan baru. “Harus bisa menggunakan android, ditangan kita ada orang pintar (HP),” katanya mengajak dihadapan peserta Kepala Dinas Pertanian Provinsi di Indonesia tersebut.

Menurut Syahrul, kebesaran pembangunan pertanian itu ada di Kecamatan. Sehingga bagaimana kedepan dengan teknologi canggih dapat meningkatkan pertanian. Dengan teknologi kita dapat melihat, mengetahui dan memonitoring seperti halnya melihat perkembangan pertanian di Daerah Sukabumi, Jawa Barat.

“Di Kabupaten Sukabumi, Desa Bambu Merah, ini jam saya ingin lihat dan dengan citra satelit yang ada saya ingin lihat berapa orang kerja di sana dan berapa ton (hasil panen) yang terjadi di sana. Bibit apa yang cocok di situ. Jadi by IT, by konsep, by teori,” ulasnya.

Menurutnya, petani sekarang adalah petani yang kaya. Namun, lanjutnya, kaya itu bukan cuma uang saja tetapi harga diri dan penampilan. Mentan mengajak, tiga bulan dari sekarang harus ada perubahan. Sebab, persoalan pertanian itu kompleks, rumit dan banyak pihak berkepentingan.

“Harus ada kerjasama dengan orang lain agar lebih maju,” ujarnya. Mentan Syahrul Yasin Limpo menambahkan, “ kata maju itu ada di kepala kita, tidak ada kata mundur, don’t look back (jangan lihat kebelakang), harus maju, dengan visi kedepan, bicara jelek-jelek dia tidak suka”..

Dihadapan peserta Kepala Dinas Pertanian Provinsi se-Indonesia, Mentan pun mengingatkan kembali bahwa tidak ada kesuksesan dari atas, kesuksesan itu dari bawah. Bahkan dirinya juga mengajak untuk berjalan bersama, maju bersama-sama dan bekerjasama.

Agus Purba/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.