Optimalkan Tol Laut, Menhub Kerja Sama Dengan Perusahaan Aplikasi Daring

(Beritadaerah – Jakarta) Program Tol Laut yang merupakan konsep pengangkutan logistik kelautan yang dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo, melalui ini maka pelabuhan-pelabuhan besar yang ada di nusantara dapat terhubung. Sehingga menciptakan kelancaran distribusi barang hingga ke pelosok dan menekan biaya. Dalam peringatan Hari Warung Nasional (HARUNGNAS) di Jakarta, Kamis (7/11), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengharapkan kerja sama dengan perusahaan aplikasi daring seperti Gojek dan Grab, dapat mengoptimalkan program tol laut, khususnya dalam rangka menurunkan disparitas harga barang antara wilayah di Indonesia.

Hadir juga dalam acara HARUNGNAS ini yakni Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki, Direktur Utama Badan Usaha Logistik (Bulog) Komisaris Jenderal Pol (Purn) Budi Waseso, Managing Director Of Grab Indonesia Neneng Goenadi, Sesditjen Perhubungan Darat Kemenhun Cucu Mulyana, dan Direktur Angkutan Jalan Kemenhub Ahmad Yani.

“Saya melihat modal bisnis yang dibuat oleh grab atau aplikasi lain semacamnya ini relevan dengan keinginan untuk menggunakan disparitas harga di Indonesia bagian timur khususnya. Alangkah indahnya kalau proses bisnis ini bisa diterapkan di barang-barang bulog itu sehingga menjadi simple karena teknologinya ada, pemainnya ada kita tinggal mengintegrasikannya untuk distrbusi barang-barang tersebut bisa menggunakan tol laut,” kata Budi Karya Sumadi yang dikutip laman Dephub, Kamis (7/11).

Lebih lanjut, Menhub juga menyatakan agar para pengemudi ojek online ini bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara menjadi distributor beras atau gula. Hal tersebut bertujuan agar barang-barang logistik seperti beras, gula dan sebagainya dapat terdistribusi secara merata.

Dijelaskan Menhub Budi bahwa nantinya mereka (pengemudi online) bisa distribusi beras, gula dan sebagainya. Setelah pulang bekerja, minimal mereka bisa mendistribusikan ke 10 tetangganya sehingga dia mendapakan tambahan pendapatan. Distribusi berjalan dengan baik dan juga efisien pergerakannya. Sistem ini memang bermanfaat untuk membantu dan bisnis ini relevan untuk digunakan.

Berdasarkan informasi dari Grab Indonesia, Grab Kios kini memiliki mitra sebanyak 2,6 juta mitra yang tersebar di 505 kota dan kabupaten di Indonesia yang terdiri dari berbagai macam jenis pedagang makanan kecil, warung kelontong hingga agen individu sendiri. Hal ini membuktikan bahwa dengan teknologi informasi pun UMKM dapat berkembang semakin maju.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

One comment

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Sport165 titik net sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus Promo yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, cukup dengan 1 id anda sudah bisa bermain di smua game sport165 titik net.
    yuks..Buruan jangan buang waktu segera buktikan dan jadikan anda perioritas kami di Sport165 titik net paling best ya guys…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.