(Photo: Kemenpan rb)

Anugerah ASN Menambah Kategori Future Leader

(Beritadaerah – Jakarta) Ajang Anugerah ASN yang sedang dilakukan prosesnya ini merupakan apresiasi negara kepada ASN yang memiliki inovasi dan prestasi serta berdampak terhadap organisasi dan masyrakat sehingga menjadi inspirasi lainnya. Selain itu Anugerah ASN juga sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo dalam sektor pengembangan SDM untuk mencetak ASN yang unggul.

Hari Rabu (06/11) kemarin tahapan wawancara Anugerah ASN telah selesai, terdiri atas 15 kandidat dari kategori PNS Inspiratif, The Future Leader, dan PPT Pratama Teladan yang akan memperebutkan Top 3 untuk masing-masing kategori. Sebelumnya, kandidat Anugerah ASN ini telah melalui tahap seleksi administrasi, seleksi tiga tahap, dan verifikasi lapangan. Mereka telah bersaing ketat dengan ASN lainnya yang diusulkan dalam ajang ini.

Sejak awalnya ada 1.051 usulan ASN dari 281 instansi pemerintah yang diusulkan dalam Anugerah ASN 2019. Dari usulan yang masuk tersebut, dilakukan seleksi administrasi dan seleksi tahap I kemudian dipilih 100 kandidat terbaik dari ketiga kategori. Pada seleksi tahap II, telah dipilih 10 kandidat terbaik di setiap kategori dan dilakukan verifikasi lapangan. Selanjutnya, pada seleksi tahap III, dari 10 nomine terbaik dipilih top 5 pada masing-masing kategori. Top 5 di kategori PNS Inspiratif, The Future Leader, dan PPT Pratama Teladan inilah yang dilanjutkan mengikuti tahapan wawancara. Puncak penganugerahan akan dilakukan pada tanggal 27 November di Studio TVRI.

Anugerah ASN tahun ini bertambah dengan kategori Future Leader, yakni ASN usia dibawah 38 tahun yang memiliki inovasi dan terobosan. Dengan adanya kaum milenial yang sangat akrab dengan teknologi ini maka menjadi rebranding ASN. Direktur Utama TVRI Helmi Yahya, yang menjadi ketua dewan juri Anugerah ASN 2019 sangat mengapresiasi munculnya kaum muda dalam ajang ini.

CEO Good News From Indonesia (GNFI) Wahyu Aji yang juga menjadi dewan juri mengatakan ASN harus mampu memenuhi ekspektasi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan yang lebih baik. Jika seorang ASN bisa memenuhi kebutuhan dan ekspektasi masyarakat, sosok itulah yang dicari sebagai The Future Leader. Ia berharap bisa mendapatkan ASN yang mampu beradaptasi dengan perubahan zaman dan menciptakan solusi bagi permasalahan pelayanan publik.

Sumber: Kemenpan rb

About Endah Caratri

Endah Caratri is a Partner in Financial, Accounting and Tax Services of Vibiz Consulting. She also wrote hundreds of Journals and Columns of financial, taxation, property, business and management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.