Pantai G-Land di Banyuwangi Menjadi Lokasi Kejuaraan Dunia Selancar 2020

(Beritadaerah – Banyuwangi) Kejuaraan dunia selancar 2020 atau World Surf League (WSL) Championship Tour 2020 akan diadakan di Banyuwangi, Jawa Timur. Kepastian tersebut disampaikan oleh Manajer WSL Asia Steven Robertson Steven Robertson yang pekan lalu berkunjung ke Banyuwangi. Pantai Plengkung (G-Land) di Kabupaten Banyuwangi telah dipilih menjadi tuan rumah seri ke-3 World Surf League (WSL) Championship Tour 2020 dari tanggal 4 – 14 Juni 2020. Ajang selancar paling bergengsi di dunia akan diikuti oleh 54 peselancar terbaik dunia.

Bupati Anas menyampaikan ajang tersebut akan menjadi momentum untuk semakin mengungkit perekonomian daerah sekaligus sarana promosi gratis bagi pariwisata lokal. Para penggemar selancar dunia akan ke Banyuwangi, di samping liputan televisi luar negeri yang pada setiap ajang WSL Championship Tour menjangkau 643 juta penonton di seluruh dunia.

”Kami akan laporkan ini ke Gubernur Jatim dan kementerian terkait. Jadi nanti kolaborasi sambut WSL Championship Tour sebagai ajang perkuat pariwisata Banyuwangi, Jatim, dan Indonesia,” ujar Anas yang dikutip laman Banyuwangikab, Selasa (5/11).

Manager WSL melakukan pertemuan dengan Pemkab Banyuwangi, Tim Hain dari WSL Indonesia dan Tipi Jabrik, Sekretaris Jenderal Persatuan Selancar Ombak Indonesia dalam penetapan Banyuwangi menjadi lokasi dari WSL Championship Tour 2020.

Dalam pertemuan tersebut Manager Steven Robertson mengatakan bahwa saat pertemuan di Amerika Serikat, kami memilih G-Land sebagai satu dari 11 seri yang akan kami gelar 2020. Kami siapkan dana USD 2,5 juta (sekitar Rp 35 miliar). Saya pikir, Banyuwangi adalah daerah yang tepat karena pemerintahnya sudah terbiasa menggelar event sport tourism.

WSL Championship Tour adalah liga selancar paling bergengsi dunia. Tur ini berisi 11 ajang selancar yang digelar April-Desember setiap tahunnya di berbagai pantai di dunia. Tahun ini, WSL Championship Tour digelar antara lain di Australia, AS, Brazil, Hawaii, Tahiti, Afrika Selatan, Portugal, hingga Prancis.

Event sport tourism yang dilaksanakan di Kabupaten Banyuwangi menjadi salah satu cara efektif untuk mempromosikan pariwisata daerah. Ada dua manfaat yang didapat dari penyelenggaran event selancar dunia ini yakni kunjungan atlet dan wisatawan mancanegara penggemar olahraga air. Yang kedua, promosi destinasinya yaitu Pantai G-Land.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

One comment

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Sport165 titik net sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Sport165 titik net paling best ya guys…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.