Menteri PUPR: Peran Swasta Pada Pembangunan Infrastruktur

(Beritadaerah – Infrasruktur) Hadir pada Rakernas Kadin Bidang Konstruksi dan Infrastruktur, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono juga Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani.

Rosan mengatakan budget Infrastruktur Indonesia berjumlah Rp 420 T untuk tahun 2020. Bahkan pembangunan Ibukota baru merupakan pembangunan infrastruktur yang besar dan membutuhkan peran swasta.

 

Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat dalam acara rakenas ini mengatakan bahwa infrastrukrur ada lima bidang yaitu energi, water, housing, transportation, communication. Total anggarannya Rp.423 Triliun pada tahun 2020, dan akan menjadi dua kali lipat selama lima tahun kedepan. Anggaran ini nomor dua setelah pengembangan sumber daya manusia sekitat Rp. 500 T.

Infrastruktur dibangun untuk meningkatkan daya saing Indonesia yang ditargetkan menjadi 40 dengan kondisi sekarang pada level 52 sudah meningkat dari sebelumnya pada level 80.

Pencipta lapangan kerja adalah peran aktif pengusaha setelah pembangunan infrastruktur. Basuki mengambil contoh target pembangunan jalan tol Sumatra sepanjang 2.000 kilometer dan tahun ini baru selaesai 300 kilometer.Sanitasi, persampahan juga menjadi program prioritas lima tahun ke depan.

Basuki mengutip pesan Presiden Jokowi bahwa swasta akan didahulukan. Untuk proyek dengan IRR yang bagus akan diserahkan ke swasta, kalau tidak memenuhi standard akan diserahkan ke BUMN.

Infrastruktur menurut Basuki akan memanfaatkan produksi dalam negeri dan menciptakan lapangan pekerjaan. Juga ada beberapa regulasi yang akan dihapus dalam rangka mempercepat pembangunan infrastruktur.

About Fadjar Dewanto

Partner in Business Advisory Vibiz Consulting, Advisor LEPMIDA (Lembaga Pengembangan Manajemen dan Investasi Daerah) who is active as editor and a columnist on Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.