Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengunjungi Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep. (Foto: Kominfo)

Gubernur Khofifah Kunjungi Pulau Sapudi, Bantu Pasok Air Bersih

(Beritadaerah – Jawa Timur) Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, didampingi Panglima Koarmada II, Laksda TNI Heru Kusmanto, mengunjungi Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, Madura. Pulau Sapudi dikenal dengan keunggulan karapan sapinya. Ternak sapi yang di Sapudi menjadi mata pencaharian bagi penduduk di pedesaan atau pedalaman. Penduduk Sapudi sering menjuarai karapan sapi baik di tingkat Kabupaten maupun di seluruh kabupaten di Madura yang meliputi Kab. Sumenep, Pamekasan, Sampang dan Kab. Bangkalan.

Gubernur Khofifah tiba menggunakan helikopter milik TNI AL dan mendarat di lapangan SMPN 1 Gayam, dan disambut ratusan siswa SDN Gayam III. Mereka membawa bendera merah putih dan dengan meriah menyambut dengan iringan drum band gabungan para siswa SMP.

Kedatangan Gubernur Khofifah bersama Pangkoarmada II, Selasa (5/11) disambut Dansatfib Koarmada II sekaligus Dansatgas Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo, Danlanal Batu Poron Letkol Laut (P) Teguh Wibowo. Dilanjutkan kunjungan di kantor Kecamatan Gayam.

Khofifah dalam kunjungan kerjanya memberikan bantuan air bersih yang akan disebar di beberapa desa di Pulau Sapudi. Tercatat tiga pulau menjadi sasaran pemberian bantuan air bersih yakni Pulau Sapudi meliputi kecamatan Gayam dan Nonggunong. Kemudian Pulau Giligenting meliputi kecamatan Giligenting dan Pulau Kangean meliputi kecamatan Arjasa dan Kangayan.

Bantuan air bersih diangkut dan distribusikan menggunakan KRI Teluk Ende-517 dari jajaran Satuan Amfibi Koarmada. Selain itu Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) juga mengerahkan dua Kapal TD Tambora dan TD Bromo untuk mengangkut tongkang berisi 250 ton air bersih untuk didistribusikan kepada masyarakat di daerah tersebut.

Di Sapudi, tiga mobil tangki air BPBD Jatim yang masing-masing membawa 5 ton air ikut mendukung program bantuan air bersih ini. Adapun bahan bantuan yang diberikan kurang lebih berupa 3000 hingga 5000 jerigen air bersih yang tiap jerigennya berisi 25 liter.

Agus Purba/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani