(Beritadaerah – Bali) Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, melakukan kunjungan kerja ke posyandu di Balai Guru Setra, Desa Pecatu, Bali (31/10), Kunjungan kerja dimaksudkan untuk melihat kegiatan upaya penanganan stunting.

Stunting adalah kondisi tinggi badan anak lebih pendek dibanding tinggi badan anak seusianya, . Hal ini disebabkan oleh kekurangan gizi kronis dengan manifestasi kegagalan pertumbuhan (growth faltering) yang dimulai sejak masa kehamilan hingga anak berusia 2 tahun.

Posyandu ini melakukan penanganan pencegahan stunting secara menyeluruh, mulai balita, remaja hingga ibu hamil. Wapres Ma’ruf mengatakan stunting bukan hanya harus diantisipasi sejak ibu hamil, tapi juga melalui pemahaman tentang stunting saat remaja, pra nikah.

“Saya melihat upaya pencegahan stunting disini dilakukan sistematis. Itu langkah yang harus dikembangkan,” kata Wapres Ma’ruf di website Kementerian Kesehatan pada Kamis (31/10).

Di Posyandu ini Wapres Ma’ruf juga mendapatkan penjelasan manfaat buah dan sayuran sekaligus informasi bagaimana masyarakat diajak untuk menanam sayuran secara hidroponik di rumah masing-masing.

Wapres Ma’ruf menyampaikan apresiasi upaya pencegahan stunting yang ternyata disini (Bali) sudah mencapai 16 persen, padahal ditingkat nasional 27 persen, dan standar international 20 persen. Wapres Ma’ruf berharap agar pencegahan stunting di Bali dapat juga dilakukan di seluruh Indonesia.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.