(Photo: Kemenkeu)

Menkeu Ajak Semangat Persatuan Menjaga Indonesia Sebagai Rumah Sendiri

(Beritadaerah – Jakarta) Hari Rabu, (30/10) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Oeang Republik Indonesia ke-73 sekaligus Hari Sumpah Pemuda ke-91 di lingkungan Kantor Pusat Kemenkeu dengan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati sebagai pembina upacara.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati serukan semangat persatuan kepada jajaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk menjaga Indonesia sebagai rumah sendiri. Menurutnya, Indonesia hanya mampu menjadi rumah bersama apabila warganya sebagai suatu bangsa mewujudkan kebersamaan dan persatuan.

“Hari ini kita juga melihat di lapangan upacara ini begitu beragamnya baju-baju daerah yang menggambarkan begitu kayanya Republik Indonesia. Kebhinekaan, kekayaan yang mampu membuat kita memahami perbedaan secara bijak. Oleh karena itu, kita harus mampu memelihara persatuan di dalam pendidikan kebhinekaan yang merupakan aset atau kekayaan negara Republik Indonesia,” demikian Menkeu sampaikan dalam amanatnya pada seluruh jajaran Kemenkeu yang terlihat memakai baju nasional dari berbagai daerah.

(Photo: Kemenkeu)

Menkeu berpesan dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda agar terus menerus memiliki semangat bahwa tujuan bernegara adalah bagian dari pejuangan dari masa ke masa. Dia tambahkan bahwa hari ini kita semua memegang estafet untuk kita teruskan dan pada akhirnya akan kita berikan pada generasi yang akan datang yaitu hasil kerja yang lebih baik.

Selain itu Menkeu juga sampaikan bahwa Jajaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) perlu mengubah mental dari hanya sekedar menyusun APBN dan melaporkannya dalam bentuk penggunaan menjadi fokus kepada bagaimana APBN bisa mencapai tujuan dan memberi dampak pembangunan. Hal ini sejalan dengan pesan Presiden Jokowi yang menyampaikan bahwa dalam bekerja, seharusnya tidak sekedar hanya untuk menghabiskan anggaran, namun bagaimana membuat APBN mampu mencapai tujuan yaitu kemakmuran rakyat yang makin adil.

“Saya ingin terus menerus mengingatkan kita semua dalam konteks perekonomian global ini dan perubahan teknologi yang tidak mudah, kita perlu terus untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi dari Kementerian Keuangan. Seluruh jajaran Kementerian Keuangan saya harapkan selalu memiliki mental untuk bekerja, belajar dan meningkatkan diri,” Menkeu tegaskan dalam amanatnya sebagai Pembina pada Upacara Peringatan Hari Oeang Republik Indonesia ke-73 serta Hari Sumpah Pemuda ke-91 di lingkungan Kantor Pusat Kemenkeu pada Rabu, (30/10)

Sumber: Kemenkeu