Sumpah Pemuda di Bonebol Bernuansa Baju Adat Nusantara (Foto: Kominfo)

Sumpah Pemuda di Bonebol Bernuansa Baju Adat Nusantara

(Beritadaerah – Gorontalo) Bupati Bone Bolango (Bonebol) Hamim Pou memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 tingkat Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), di Lapangan Ippot Tapa, Senin (28/10/2019).

Upacara tersebut dihadiri Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone, Ketua DPRD Halid Tangahu, Kajari Daniel Martua Hutagalung, Wakapolres Herry Van Gobel, Sekda Ishak Ntoma, Pabung Kodim 1304 Gorontalo Abdul Fatah, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD, Camat.

Juga diikuti ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bone Bolango dan siswa-siswi SD dan SMP di wilayah Tapa-Bulango.

Uniknya pada upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini seluruh peserta upacara menggunakan pakaian adat nusantara atau pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou sendiri mengenakan pakaian adat Gorontalo, yakni Biliu bersama Wakapolres Hery Van Gobel. Sementara Wakil Bupati Kilat Wartabone, Ketua DPRD Halid Tangahu dan Kajari Daniel Martua Hutagalung, dan Pabung Kodim 1304 Gorontalo Abdul Fatah kompak mengenakan pakaian adat Gorontalo, yakni Takowa.

“Pada upacara Hari Sumpah Pemuda kali ini, kami kompak menggunakan pakaian adat mulai dari pakaian adat Gorontalo, Padang, Aceh, Bugis, Lombok, Bali, Jawa, Bengkulu, Jogya, Riau, Sulbar, Bali, Batak, Sumatera, Nusa Tenggara Timur hingga Papua,”jelas Hamim.

Hamim mengungkapkan, hal ini sengaja dilakukan Pemkab Bone Bolango guna memberikan nuansa yang berbeda dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2019, termasuk mencerminkan kekayaan dan keberagaman suku bangsa di tanah air.

Beginilah peringatan Hari Sumpah Pemuda ala kami di Bone Bolango. Kami mencoba untuk berubah, tidak boleh kaku, tidak boleh selalu yang biasa.

“Makanya hari ini saya imbau ASN, masyarakat, aparatur desa, alangkah indahnya di peringatan Hari Sumpah Pemuda pakai pakaian adat nusantara warna warni. Jadi tidak melulu harus pakai baju adat Gorontalo,”ucap Hamim saat diwawancarai awak media usai upacara di lapangan Ippot Tapa.

“Indonesia adalah negara multi kultural, multi agama, multi bahasa, multi entis. Namun di tengah-tengah keberagaman itu, jadi kekuatan kita untuk bersatu membangun Bone Bolango, membangun Provinsi Gorontalo dan membangun Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda,”ucap orang nomor satu di Kabupaten Bone Bolango itu.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.