(Beritadaerah – Jakarta) Siang ini pada hari Jumat (25/10) Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengumumkan secara resmi wakil-wakil menteri dalam Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta. Sejak dari pagi tadi semua para wakil menteri ini sudah dipanggil terlebih dahulu ke istana Negara.

Jokowi dan Ma’ruf Amin mengumumkan seraya duduk di tangga Istana Kepresidenan. “Siang hari ini saya dan Bapak Wakil Presiden ingin mengenal kan wakil menteri yang sudah kita pilih,” demikian disampaikan Jokowi mengawali perkenalannya.

“Menurut saya, profilnya sangat-sangat bagus dalam rangka memperkuat Indonesia maju,” Jokowi lanjutkan.

Berikut adalah daftar wakil menteri Kabinet Indonesia Maju yang baru saja diumumkan dan juga dilantik oleh Presiden dan Wakil Presiden.

1. Mahendra Siregar – Wakil Menteri Luar Negeri, dengan tugas khusus diplomasi ekonomi yang terkait perjanjain investasi terutama dengan Uni Eropa
2. Sakti Wahyu Trenggono – Wakil Menteri Pertahanan, bertugas kembangkan industri strategis pertahanan.
3. Zainut Tauhid – Wakil Menteri Agama
4. Suahasil Nazara – Wakil Menteri Perekonomian, sudah lama berkecimpung di Kemenkeu, membantu optimalisasi anggaran.
5. Jerry Sambuaga – Wakil Menteri Perdagangan , back up penuh agar perjanjian-perjanjian perdagangan negara lain diselesaikan.
6. Wempi Wetipo – Wakil Menteri PUPR, berpengalaman menjadi Bupati Jaya Wijaya 2 periode, akan membantu dalam pengawasan proyek infrastruktur.
7. Alue Dohong – Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan
8. Budi Arie Setiadi – Wakil Menteri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, membantu Menteri menangani 74.800 desa di tanah air,mengawasi dana desa.
9. Surya Chandra – Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala BPN, bertugas membantu menyelesaikan konflik agrarian dan sengketa lahan.
10. Budi Gunadi Sadikin – Wakil Menteri BUMN I
11. Kartika Wirjoatmojo – Wakil Menteri BUMN II
12 Angela Tanoesoedibjo – Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, berpengalaman di bidang media.

Semua wakil menteri mengenakan kemeja putih dan celana hitam, setelan yang sama saat menteri dipanggil Jokowi beberapa hari yang lalu sebelum dilantik. Tetapi pada saat pelantikan terlihat semua memakai jas dan kebaya formal menghadiri acara pelantikan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.