(Photo: Endah Caratri/BD)

Keunikan Es Oyen

(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Bagi para penggemar kuliner es, salah satu es yang harus di coba adalah Es Oyen. Es oyen merupakan es legendaris asal Bandung yang saat ini  menjadi primadona di kalangan para pecinta kuliner. Kalau dilihat memang bentuknya mirip sekali dengan es campur. Tidak jarang memang dijual berbarengan kedua es tersebut. Bedanya es ini berisi pacar cina, kelapa muda, kolang kaling, nangka, alpukat, serutan es, dan juga susu. Sehingga tampilannya terlihat ada warna merahnya pacar cina dan campuran alpukat yang menonjol di atasnya.

(Photo: Endah Caratri/BD)

(Photo: Endah Caratri/BD)

Menurut sejarah lahirnya es oyen memang telah lahir sejak puluhan tahun silam di kota Bandung. Ada beragam versi kenapa es ini dinamakan ‘Oyen’. Pertama, nama ‘Oyen’ ini diambil dari nama orang yang pertama kali menjual es ini puluhan tahun lalu, dan kedua, nama ‘Oyen’ diambil dari nama burung perkutut milik sang penjual yang jika berkicau terdengar seperti ‘Oyen’.

(Photo: Endah Caratri/BD)

Salah satu tempat Es Oyen yang bisa Anda nikmati adalah di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat. Anda  bisa mengunjungi tempat yang berlokasi di Jl. Kepu Timur ini, yang sudah buka mulai jam 4 sore  untuk mencoba kenikmatan Es Oyen. Di tempat ini, es oyen dijajakan dalam sebuah gerobak yang dijual dengan harga Rp 15 ribu per mangkok. Kabarnya, sang penjual  yang memiliki panggilan “bang Oyen” ini telah menjual es oyen ini sejak 1970-an. Makanya tak heran kenapa es oyen tersebut terkenal seantero Jakarta. Selain es oyen di sini kamu juga bisa menikmati pilihan lain, seperti es campur, es alpukat, es teler, hingga es kelapa.

(Photo: Endah Caratri/BD)

Keistimewaan dari es Oyen adalah racikan gulanya yang pas dan juga serutan kelapanya yang lembut. Tidak heran kalau sampai saat ini  es Oyen banyak sekali diburu.  Jika Anda mau menikmatinya, datang lah ke daerah Kemayoran dan rasakan kenikmatan es Oyen.

About Endah Caratri

Endah Caratri is a Partner in Financial, Accounting and Tax Services of Vibiz Consulting. She also wrote hundreds of Journals and Columns of financial, taxation, property, business and management.

One comment

  1. Aku sdh pernah mencobanya, rasanya…… Muantap👍🏼

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.