Danau Linow di Minahasa (Foto: Alfred Pakasi/ BD)

Indah dan Uniknya Danau Linow di Minahasa

(Beritadaerah – Sulut) Pariwisata di Indonesia semakin meningkat, wisata unggulan dari setiap daerah pun di perkenalkan untuk menarik wisatawan lokal, domestik maupun mancanegara untuk berkunjung. Provinsi Sulawesi Utara memiliki berbagai objek wisata unggulan, salah satunya adalah Danau Linow yang merupakan wisata alam yang disukai oleh wisatawan nusantara dan mancanegara.

Danau Linow terletak di Kelurahan Lahendong, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara. Danau Linow memiliki luas sekitar 32 Hektar. Jarak dari Kota Manado 30 km, sekitar 1 jam perjalanan. Sedangkan, jarak dari Kota Tomohon yaitu 3 km ke arah Barat dari Kota Tomohon. Sepanjang perjalanan Wisatawan akan melihat pemandangan pepohonan dari perbukitan, bahkan Gunung Lokon pun menjadi panorama yang indah.

Linow berasal dari bahasa Minahasa yaitu Lilinowan yang artinya tempat berkumpulnya air. Di Danau Linow para wisatawan dapat melihat perubahan warna air menjadi hijau, biru, dan kuning kecokelatan. Perubahan warna air tersebut dikarenakan adanya unsur belerang di dalam danau serta pembiasan atau pantulan cahaya sinar matahari.

Danau Linow memiliki keunikan tersendiri di antaranya adalah adanya perubahan tiga warna air danau, lumpur panas, belerang, satwa endemik yakni burung biblis dan serangga (“komo” atau “sayok”). Serangga unik ini dapat hidup di air meskipun memiliki sayap dan bisa terbang. Ada juga berbagai spesies burung yang mempunyai sarang di tepi danau, kicauannya terdengar melintasi danau. Keragaman tumbuhan pun hidup di sekitar danau, adanya hamparan rumput hijau di tepi danau menjadi tempat yang cocok untuk duduk sambil berteduh dibawah pohon. Angin sejuk yang berhembus dapat menambah kenikmatan berada di Kawasan Wisata Danau Linow.

Sambil menikmati keindahan Danau Linow ini, wisatawan juga mendapatkan secangkir teh atau kopi. Tersedia juga bungalow-bungalow yang tidak jauh dari wisata danau Linow, sehingga para wisatawan tidak perlu kuatir apabila ingin menginap di kawasan wisata Danau Linow.

Pesona keindahan dan ketenangan Danau Linow ini akan membuat wisatawan merasakan pengalaman yang sangat menyenangkan, serta kenangan indah yang tidak akan terlupakan.

Emy /Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani
Foto: Alfred Pakasi/BD

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

One comment

  1. Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang dupa88 mempunyai promo Welcome cashback, anda dapat meraih kemenangan anda di kesempatan kedua sesuai modal pertama anda 100%, tunggu apa lagi hanya di dupa88.net yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga. jangan luupa menggunakan kode referal = haqqi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.