Mendobrak Rutinitas, Pidato Pelantikan Presiden RI Joko Widodo

(Beritadaerah – Nasional) Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, resmi dilantik menjadi pasangan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2014-2019, setelah dilantik dan diambil sumpahnya hari ini, Minggu (20/10) di gedung MPR/DPR Jakarta.

Pengambilan sumpah dilaksanakan dalam sidang paripurna MPR yang dihadiri oleh 689 anggota MPR yang juga baru dilantik belum lama ini, dan dipimpin Ketua MPR Bambang Soesatyo.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa,” demikian Presiden mengucapkan sumpahnya.

Dalam pidatonya sebagai Presiden Republik Indonesia untuk periode 2014-2019, Jokowi mengawali dengan menyampaikan bahwa mimpi kita, cita-cita kita di tahun  2045, pada satu abad Indonesia merdeka Indonesia  telah  keluar  dari  jebakan  pendapatan kelas  menengah. Indonesia  telah  menjadi  negara maju dengan pendapatan menurut hitung-hitungan Rp320  juta per  kapita per  tahun  atau  Rp27  juta per kapita  per   bulan.  Itulah  target kita bersama.

Presiden Jokowi antara lain menekankan bahwa seharusnya   inovasi bukan hanya pengetahuan. Inovasi   adalah   budaya.

“Sekali lagi, mendobrak  rutinitas  adalah  satu hal. Meningkatkan produktivitas adalah hal lain yang menjadi prioritas. Jangan lagi kerja kita berorientasi proses,  tapi   harus  berorientasi   pada  hasil-hasil yang  nyata”, demikian Jokowi menandaskan.

Pada intinya ada 5 hal pekerjaan besar yang akan dikerjakan oleh Presiden dan Kabinet baru untuk masa pemerintahan 2019 – 2024 nanti yaitu:

  • Pertama, pembangunan SDM akan menjadi prioritas utama
  • Kedua, pembangunan infrastruktur akan kita lanjutkan.
  • Ketiga, segala bentuk kendala regulasi harus kita sederhanakan,
  • Keempat, penyederhanaan birokrasi
  • Kelima, transformasi ekonomi.

Demikian inti dari pidato Presiden Joko Widodo setelah menjalani sumpah jabatan dan menandatangani berita acara pelantikan.

Usai acara pelantikan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan menuju Istana Merdeka untuk menemui ribuan relawan dan tamu negara.

Fajar AD/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

2 comments

  1. Setuju dengan pidato pak Jokowi : mendobrak rutinitas. meningkatkan produktivitas dan berorientasi pada hasil2 yang nyata.

  2. mantap…….memang perlu mendobrak rutinitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.