Pidato Presiden Jokowi pada Sidang Paripurna MPR

Lima Prioritas Pembangunan Era Jokowi 2019-2024

(Beritadaerah – Nasional) Pada kesempatan berpidato dihadapan Sidang Paripurna MPR hari ini, 20-Oktober-2019 di Gedung MPR/DPR RI di Jakarta, usai dilantik, Presiden Joko Widodo menyampaikan lima prioritas pembangunan yang akan menjadi tugas dan tanggung jawab semasa pemerintahan 5 tahun ke depan.

Pertama, pembangunan  SDM. Ini akan menjadi prioritas utama dalam membangun SDM yang pekerja  keras dan dinamis.  Membangun  SDM yang   terampil,  menguasai  ilmu  pengetahuan dan teknologi dan mengundang  talenta-talenta  global bekerja sama.

Kita perlu endowment  fund  yang besar untuk manajemen SDM, kerja sama dengan industri juga akan  dioptimalkan. Penggunaan teknologi yang mempermudah jangkauan ke seluruh pelosok negeri.

Kedua, pembangunan  infrastruktur  akan dilanjutkan. Infrastruktur yang menghubungkan kawasan produksi dengan kawasan distribusi, yang mempermudah akses  ke kawasan wisata, yang mendongkrak lapangan kerja baru, dan yang mengakselerasi nilai tambah perekonomian rakyat.

Ketiga, segala bentuk  kendala regulasi akan disederhanakan. Pemerintah  akan mengajak DPR untuk menerbitkan 2 undang-undang besar. Pertama, UU Cipta Lapangan Kerja. Kedua,  UU Pemberdayaan UMKM.

Keempat,  penyederhanaan  birokrasi  secara besar-besaran. Investasi untuk penciptaan lapangan kerja harus diprioritaskan. Prosedur  yang   panjang  harus dipotong.  Eselonisasi juga akan disederhanakan.

Pada akhirnya, yang  kelima adalah transformasi ekonomi. Kita harus bertransformasi dari ketergantungan pada sumber daya  alam menjadi daya  saing manufaktur dan jasa modern yang mempunyai  nilai tambah tinggi  bagi  kemakmuran bangsa demi keadilan  sosial  bagi  seluruh  rakyat Indonesia.

Mengakhiri pidatonya, setelah mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah mendukung selama 5 tahun terakhir ini, Presiden Jokowi mengajak seluruh rakyat Indonesia berkomitmen menuju Indonesia Maju dengan ungkapan:

“Pura babbara’ sompekku… Pura  tangkisi’ golikku…”

“Layarku sudah terkembang… Kemudiku sudah terpasang…”

“Kita Bersama, menuju Indonesia maju!!!”

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.