Menkominfo Rudiantara, Palapa Ring Menghubungkan 514 Kabupaten dan Kota di Indonesia

(Beritadaerah – Nasional) Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memberikan laporan pada peresmian Palapa Ring hari ini (Senin, 14 Oktober 2019) bahwa pembangunan Palapa Ring Timur, Tengah dan Barat pada akhirnya selesai sepenuhnya maka seluruh 514 kabupaten dan kota di Indonesia sudah terhubung  dengan “jalan tol langit”  melalui Palapa Ring. Ia menambahkan bahwa dibanding dengan negara tetangga seperti Singapura, Thailand dan Malaysia,  maka sebenarnya pembangunan ICT infrastructure di Indonesia masih ketinggalan karena Indonesia adalah negara kepulauan. Pembangunan  ICT Infrastructure harus melihat jangka panjang karena perlu menyiapkan satelit khusus untuk internet berkecepatan tinggi, bahkan satelit kedua dan ketiga nantinya. Untuk melengkapi 214.000 sekolah SD, SMP SMA dan fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia.

Peresmian Palapa Ring oleh Presiden Jokowi

Menyinggung mengenai pembangunan di Papua maka ditekankan kembali bahwa pembangunan bukan lagi Javacentris tapi membangun di Timur. Untuk pembangunan ini juga dilakukan evaluasi oleh berbagai perguruan tinggi untuk mengetahui apakah dampaknya secara ekonomi, sosial dan juga peningkatan jumlah lapangan pekerjaan. Jadi bukan hanya melakukan pembangunan tapi juga mengetahui dampaknya.

Pada peresmian ini juga Presiden Jokowi melakukan video conference dengan para wakil dari 5 provinsi. Mereka menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerinta dan harapan-harapan akan kemajuan di wilayahnya.

 

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.