Menyambut Penyelenggaraan MotoGP, Sirkuit Mandalika NTB Rampung 2021

(Beritadaerah – Lombok) Indonesia resmi menjadi tuan rumah kejuaraan balap motor bergengsi dunia, yakni MotoGP pada tahun 2021 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Rencananya sirkuit MotoGP Mandalika memiliki panjang 4,32 km, 19 tikungan, kapasitas area paddock mencapai 40 garasi, area grand stand berkapasitas 50.000 tempat duduk, area berdiri mencapai 138.000, dan hospitality suites berkapasitas 7.700 pengunjung. Saat ini sirkuit Mandalika dalam proses pembangunan.

Dalam kunjungan kerjanya ke Mandalika, NTB, Kamis (10/10) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyatakan optimistis sirkuit Mandalika, NTB, sebagai lokasi penyelenggaraan MotoGP akan rampung dan siap digunakan pada 2021.

“Saat ini persiapan awal untuk ground working sudah 30 persen sementara untuk total seluruh komplek sirkuit jalanan baru 10 persen. Komplek MotoGP Mandalika ini direncanakan selesai pada 2021. Kita untuk pertama kali akan punya event MotoGP di Indonesia,” kata Menpar Arief Yahya dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Kamis (10/10).

Menpar menyampaikan bahwa penyelenggaraan event MotoGP pada 2021 nanti memberikan keuntungan bagi Indonesia, khususnya bagi sektor pariwisata. Diproyeksikan melalui event MotoGP, Indonesia dapat menarik 100.000 wisatawan untuk datang menonton. Positioning Mandalika sebagai Sport Tourism Destination merupakan keputusan paling tepat.

Sementara itu Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer menambahkan sirkuit Mandalika berkonsep street circuit dan sudah mendapatkan izin dari MotoGP difungsikan sebagai jalan biasa saat tidak digunakan untuk event balap. Sirkuit MotoGP Mandalika dibangun dengan konsep terintegrasi dan menjadi bagian dari distrik entertainment dan sport terpadu.

Sejumlah hal telah dilakukan ITDC dalam rangka mempersiapkan event MotoGP pada 2021. Mulai dari penyusunan pedoman operasional event MotoGP, persiapan optimalisasi UMKM Bazaar Mandalika sebagai pusat belanja dan kuliner wisatawan, persiapan sarana akomodasi/hotel, penyusunan program mitigasi bencana KEK Mandalika, dukungan pemerintah pusat dan daerah terkait pelebaran jalan provinsi sisi utara kawasan serta rencana jalan by pass The Mandalika, dan persiapan marketing juga event programs pendukung MotoGP 2021. Untuk menguji antusiasme masyarakat terkait MotoGP di Mandalika pada 2021, rencananya pada November 2019 akan dilakukan pre-sale 20.000 tiket MotoGP secara online.

Pemerintah sebelumnya telah menetapkan Kawasan Mandalika sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014. Diharapkan dengan penyelenggaraan MotoGP 2021, akan memberikan dampak yang luar biasa untuk daerah maupun masyarakat, terutama sekali dalam peningkatan pembangunan, ekonomi dan kesejahteraan.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu