Menpar Arief Yahya : Bitung Memiliki Kekayaan Bahari yang Luar Biasa

(Beritadaerah – Bitung) Sebanyak 200 perahu nelayan ikut memeriahkan Festival Pesona Selat Lembeh 2019 yang digelar di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) pada hari Senin (7/10). Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang hadir dan membuka  Festival Pesona Selat Lembeh 2019 memuji atraksi yang disuguhkan saat gelaran yang masuk tahun ke-4 dalam Top 100 Calender of Event (CoE) nasional itu. Event ini diharapkan mampu mempromosikan Bitung sebagai destinasi wisata bahari.

“Ini sangat bisa memposisikan Bitung sebagai destinasi wisata bahari di Tanah Air, karena memiliki kekayaan bahari yang luar biasa” kata Arief Yahya dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Senin (7/10).

Menpar mengatakan bahwa berkah yang dimiliki Bitung harus dimanfaatkan dengan baik untuk menarik wisatawan mancangera (wisman) datang menikmati keindahan bawah lautnya. Selain itu, Menpar mengapresiasi pertumbuhan wisman ke Bitung yang mengalami peningkatan. Tercatat pada 2016 ke 2018 sebesar 29,5 persen, dengan rata-rata pertumbuhan dalam kurun waktu 3 tahun sebesar 14,7 persen. Sementara itu pertumbuhan wisatawan nusantara (wisnus) 2016 ke 2018 sebesar 700 persen, dengan rata-rata pertumbuhan dalam kurun waktu 3 tahun sebesar 350 persen.

Gelaran Festival Pesona Selat Lembeh 2019 ini, lanjut Menpar, sungguh luar biasa karena sebagai pendatang baru di Calendar of Event (CoE), festival ini langsung mencuri perhatian. Ia juga menekankan setiap penyelenggaran event untuk menekankan faktor 3C dalam penyelenggaraan CoE.

Ketiga hal tersebut diantaranya adalah Creative Value, yaitu memperhatikan dari sisi koreografi untuk memanfaatkan panggung yang besar dan indah ditangkap kamera, lalu desainer dan aransemen musik yang terbaik. Kedua adalah Commercial Value, yang terdiri atas jumlah wisatawan, media value, dan multiplier effect. Poin ketiga adalah CEO Commitment atau komitmen pemimpin daerah.

Sementara itu, Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban, menegaskan jika kota yang dipimpinnya adalah surga bagi wisatawan. Bitung memiliki Selat Lembeh yang sangat kaya biota laut dan memiliki 95 titik selam di dalamnya.

Selat Lambeh di Bitung dapat dicapai dengan kendaraan bermotor selama 1 jam 30 menit dari kota Manado. Festival Pesona Selat Lembeh 2019 menampilkan ragam budaya, lomba kapal hias, lomba lari, lomba jet ski, dan kuliner seperti Sashimi Tuna Khas Bitung, Pisang Goroho rebus dan lainnya.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.