Nuansa Batik pada pertemuan presiden Jokowi dan PM Belanda di Istana Bogor, 7 Okt 2019 (Foto: Dok Setkab)

Nuansa Batik Mewarnai Delegasi Presiden Jokowi dan PM Belanda Mark Rutte

(Beritadaerah – Nasional) Hari ini, Senin (7/10) siang,  berlangsung pertemuan resmi kenegaraan antara  Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte dan rombongan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Yang special pada pertemuan kali ini adalah rombongan tamu negara maupun tim tuan rumah seluruhnya mengenakan busana kemeja batik. Tidak terkecuali dengan Presiden Jokowi dan PM Mark Rutte, yang tiba sekitar pukul 10.55 WIB.

Kedatangan PM Belanda Mark Rutte dan rombongan dengan mengenakan baju celana panjang hitam dan kemeja batik warna coklat langsung disambut oleh Presiden Jokowi yang menggunakan kemeja batik yang senada, yaitu warna coklat kehitaman dengan celana panjang warna hitam.

Sebelum memasuki Istana Kepresidenan, Presiden Jokowi memperkenalkan sejumlah pejabat yang mendampinginya, di antaranya Menlu Retno Marsudi, Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Acara berikutnya, Presiden dan Mark Rutte memasuki Ruang Teratai, Istana Kepresidenan Bogor untuk sesi foto bersama dilanjutkan dengan penandatanganan buku tamu. Presiden kemudian mengajak Mark Rutte menuju Veranda Talk dan dilanjutkan dengan penanaman pohon. Pertemuan diakhiri dengan keterangan pers bersama.

Dalam kunjungan ini PM Mark Rutte didampingi oleh Penasehat Utama Bidang Luar Negeri dan Pertahanan serta Koordinator Nasional untuk Keamanan dan Penanggulangan Terorisme Belanda, yang kesemuanya juga mengenakan kemeja batik.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.