Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Mufidah Kalla menghadiri Sosialisasi Konvergensi Pencegahan Stunting di Cirebon, 4 Okt. (Foto Dok. Kemendesa)

Iriana Joko Widodo Sosialisasi Stunting di Cirebon

(Beritadaerah – Nasional) Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Mufidah Kalla bersama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) menghadiri Sosialisasi Konvergensi Pencegahan Stunting di Desa yang dilangsungkan di Gedung Pertemuan The Radiant, Kabupaten Cirebon pada Kamis (3/10).

Sri Mega Darmi Sandjojo, Salah satu pengurus OASE KK, yang turut mendampingi Ibu Negara Iriana Jokowi mengatakan bahwa kunjungan ini dalam rangka mensosialisasikan upaya pencegahan stunting atau kondisi gagal tumbuh anak karena kurang gizi yang berakibat anak kurang cerdas dan mudah sakit didesa yang ada di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

“Tantangan desa saat ini adalah permasalahan stunting di Indonesia, terutama anak-anak pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Oleh karena itu, Kami berharap, masyarakat tidak hanya mendapat pengetahuan tentang pencegahan stunting. Tapi, juga dapat diterapkan dan disosialisasikan kembali kepada masyarakat,” kata Sri Mega Darmi Sandjojo yang merupakan Istri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo.

Menurutnya, Terdapat sejumlah faktor yang bisa mempengaruhi stunting dipedesaan diantaranya yakni minimnya pengetahuan masyarakat, infrastruktur yang belum tersedia dan masalah kemiskinan.

“Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah stunting. Seperti dengan sanitasi atau melakukan budaya hidup bersih dan mengatur pola makan yang baik. Kita juga akan dorong agar dana desa bisa turut membantu dalam menangani permasalahan stunting,” katanya.

Selain menghadiri sosialisasi stunting, Ibu Iriana juga melakukan kunjungan ke PAUD Tunas Bangsa, di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Plumbon. Dilokasi ini, rombongan Ibu Negara mensosialisasikan kesehatan dan memberikan bantuan pendidikan. Juga menyaksikan anak-anak PAUD senam bersama dan meninjau pembuatan biopori serta membantu memindahkam bibit tanaman.

Pada akhir rangkaian kunjungan, rombongan Ibu Negara melakukan kunjungan ke PT Embee Plumbon Textile dalam rangka sosialisasi tentang pencegahan dini kanker serviks dan pemeriksaan Inspeksi Asam Asetat (IVA) kepada ribuan pekerja perempuan di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.