KA Bandara (Dok. Kemenhub)

Kini KA Bandara Soetta Sampai Stasiun Manggarai

(Beritadaerah – Nasional) Mulai Sabtu, 5 Oktober 2019, para pengguna jasa Kereta Api (KA) Bandara sudah bisa memanfaatkan Stasiun KA Bandara Manggarai di Jakarta Selatan untuk naik dan turun dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Stasiun KA Bandara ini merupakan bagian dari Stasiun Manggarai yang sedang disiapkan menjadi stasiun sentral bagi seluruh perjalanan kereta api. Namun walau menjadi bagian dari Stasiun Manggarai, pintu masuk menuju Stasiun KA Bandara dipisahkan dengan pintu masuk untuk KRL dan KA Jarak Jauh.

Menurut Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Danto Restiawan, pintu masuk bagi penumpang KA Bandara dipisah karena lintasan KA Bandara terletak di jalur 9 dan 10 yang terletak di jalur paling Barat.

Selain itu penumpang yang datang langsung ke Stasiun Manggarai tidak lewat pintu depan karena calon penumpang KA Bandara akan terkendala pergerakan kereta di 7 jalur KA yang sangat padat dan ramainya penumpang KRL transit di Stasiun.

KA Bandara juga menjadi alternatif bagi penumpang commuterline yang hendak melanjutkan perjalanan dari stasiun Manggarai menuju Stasiun BNI City, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper dan Stasiun Bandara Soekarno- Hatta. Penumpang dapat menuju peron 9 dan 10 untuk tap out commuterline, dan melanjutkan perjalanan menggunakan KA Bandara dengan melakukan pembelian tiket melalui Vending Machine dan POS.

Kini masyarakat mempunyai alternatif akses untuk menuju bandara selain dari Stasiun Sudirman Baru (BNI City), Stasiun Duri dan Stasiun Batu Ceper, dari Stasiun Manggarai.

Mengenai kesiapan stasiun, Ditjen Perkeretaapian sudah melakukan uji pengoperasian prasarana dan uji keselamatan. Dari hasil pengujian tersebut, stasiun ini dinyatakan layak untuk dioperasikan.

“Stasiun ini dibangun dengan mengedepankan kenyamanan penumpang. Untuk menuju ke peron, telah disediakan eskalator dan lift bagi lansia dan difabel, sehingga tidak menyulitkan penumpang apabila membawa barang bawaan yang besar dan berat,” kata Danto.

Sedangkan untuk tiket KA Bandara, calon penumpang bisa mendapatkannya dari POS dan beberapa vending machine yang telah disiapkan.

Adapun jadwal keberangkatan KA Bandara dari Stasiun Manggarai akan dilakukan setiap 30 menit sekali, dimulai pukul 05.10 WIB, dan keberangkatan terakhir pukul 21.40 WIB. Sementara untuk jadwal kedatangan, mulai pukul 07.17 WIB dan kedatangan terakhir pukul 00.17 WIB.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

One comment

  1. Buat kalian yg suka nggame dn mau nyari tambahn buruan join di hoki165,com
    Bonus nextdepo++ bisa kalian claim brkali dn lihat yg sexy2 pastinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.