Kemenhub Fokus Selesaikan Proyek Strategis Nasional Infrastruktur Transportasi

(Beritadaerah – Jakarta) Pada acara Seminar Nasional Infrastruktur Menuju Indonesia Maju 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, di Jakarta (2/10), Sekretaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono menyampaikan bahwa Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan fokus dalam upaya penyelesaian sejumlah proyek infrastruktur transportasi yang termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 setidaknya terdapat 33 PSN yang menjadi tanggung jawab Kemenhub yaitu 16 proyek kereta api, 7 bandara, dan 10 proyek pelabuhan laut.

“PSN yang sedang berjalan dan yang belum dimulai akan menjadi fokus utama Kementerian Perhubungan untuk diselesaikan,” kata Djoko yang dikutip laman Dephub, Rabu (2/10).

Lebih lanjut Djoko merinci sejumlah PSN yang masih belum selesai termasuk yang belum dimulai pembangunannya. Pada sektor perkeretaapian, dari 16 proyek PSN, yang sudah selesai sebanyak 4 Proyek yaitu Kereta Api Kertapati – Prabumulih, Kereta Bandara Soekarno-Hatta, MRT Jakarta Fase I, dan LRT Sumatera Selatan.

Dijelaskan juga oleh Djoko beberapa proyek yang masih on progress seperti pembangunan transportasi darat yakni KA dari Makassar-Pare-Pare, Bandar Tinggi – Kuala Tanjung di Sumatera, dan DDT Selatan Jawa. Sedang yang belum mulai seperti : KA Purukcahu-Bangkuang di Kalimantan dan KA Jakarta-Surabaya yang masih dalam tahap perencanaan

Sementara itu, di sektor transportasi udara dari 7 PSN, 3 proyek merupakan revitalisasi seperti Bandara Sultan Baabullah di Terrnate, Bandara Tjilik Riwut di Kalimantan Tengah, dan Bandara Syamduddin Noor di Banjarmasin, 1 pengembangan bandara dan 3 proyek merupakan pembangunan baru.

Sedangkan untuk PSN pembangunan baru di sektor udara yaitu, Bandara Kertajati di Majalengka, Bandara Ahmad Yani di Semarang serta Bandara Yogyakarta Internasional Airport yang saat ini masih dalam tahap pembangunan.

Pada sektor transportasi laut, dijelaskan Djoko, terdapat total 10 proyek PSN. Sebanyak 3 proyek yang sudah selesai pengembangannya yaitu Pelabuhan Tenau Kupang, Pelabuhan Bitung, dan Makassar New Port. Sejumlah pelabuhan saat ini masih dalam tahap pembangunan dan pengembangan seperti Pelabuhan Patimban, Pelabuhan Kijing, Pelabuhan Kuala Tanjung, dan Pelabuhan KEK Maloy.

Turut hadir dalam acara Seminar Nasional Infrastruktur Menuju Indonesia Maju 2024 yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo, Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Investasi Kementerian PUPR, M. Zainal Fatah, dan Direktur Transportasi Kementerian PPN/Bappenas Ikhwan Hakim.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.