Seluruh anggota MPR, DPR, dan DPD resmi dilantik menjadi anggota legislatif periode 2019- 2024 (1 Okt). Dok: Kemkominfo

Pelantikan Anggota DPR, DPD dan MPR RI 2019-2014: Membawa Amanah Rakyat

(Beritadaerah -Nasional) Hari ini menjadi hari yang amat bersejarah bagi bangsa dan negara Indonesia telah dilaksanakan pelantikan 575 anggota DPR RI, 136 anggota DPD RI terpilih, yang sekaligus merupakan anggota MPR periode 2019-2024. Mereka diambil sumpah atau janji untuk mengemban tugas selama 5 tahun ke depan.

Mereka terpilih dari hasil pemilihan umum 2019 yang telah berlangsung. Seluruh nama-nama yang ditetapkan KPU ini mendapat amanah rakyat untuk menjadi wakil rakyat di parlemen periode 2019-2024.

Hampir setengah anggota dewan yang terpilih di periode ini adalah wajah lama. Di antaranya adalah Bambang Soesatyo dari Golkar. Sementara itu, sejumlah wajah-wajah baru yang mewarnai keanggotaan DPR periode ini adalah Hillary Lasut dari NasDem, Puteri Komarudin dari Golkar, dan Adriana Charlotte Dondokambey dari PDIP.

Pelantikan berlangsung di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Kura-kura, Kompleks Parlemen, Senayan. Acara juga dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Ketua KPU Arief Budiman.

Rapat paripurna ini merupakan rangkaian pelantikan anggota DPR RI yang dipimpin oleh pimpinan sementara DPRD Abdul Wahab Dalimunthe ( 80 tahun) yang merupakan anggota tertua di periode 2019-2024 dan Hillary Brigitta Lasut (23 tahun). Sedangkan pelantikan anggota DPD dipimpin oleh pimpinan sementara DPD, Sabam Sirait (82 tahun) dan Jelika Maharani (22 tahun). Rangkaian acara diakhiri dengan pelantikan anggota MPR yang dipimpin oleh pimpinan sementara MPR, Sabam Sirait dan Hillary Brigitta Lasut.

Ketua MA RI Hatta Ali memimpin seluruh pengambilan sumpah janji anggota DPR, DPD dan MPR RI. Bunyi isi sumpah jabatan anggota DPR dan DPD RI tidak berbeda. Diingatkan bahwa sumpah atau janji ini mengandung tanggung jawab kepada Republik Indonesia, tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan UUD 45. Sumpah atau janji ini adalah terhadap Tuhan YME dan manusia, yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran.

Berikut sumpah jabatan para anggota DPR dan DPD RI : “Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota DPR/DPD dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada pancasila dan UUD 45. Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan negara kesatuan republik Indonesia”.

Selanjutnya perwakilan anggota DPR/DPD menandatangi berita acara pelantikan diikuti oleh para rohaniawan. Demikian juga Hatta Ali ikut menandatangani berita acara pelantikan.

Sementara saat menaikkan sumpah dan janji anggota MPR maka diingatkan bahwa sumpah dan janji mereka harus merupakan tekad memperjuangkan aspirasi rakyat, memegang teguh Pancasila dan menegakkan UUD RI 45. Dalam sumpah jabatan anggota MPR dicetuskan bahwa sebagai anggota MPR akan menjalankan dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman kepada Pancasila dan UUD 1945. Bahwa dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang dan golongan. Bahwa akan memperjuangkan asprirasi rakyat dan daerah yang diwakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan negera kesatuan Republik Indonesia.

Setelah berita acara pelantikan ditandatangani, maka sidang ditutup oleh pemimpin sementara, Sabam Sirait dan Hillary Brigita Lasut.

Seluruh rangkaian acara ditutup dengan doa yang dinaikkan, mohon pertolongan Tuhan untuk mengajari, mendidik dan memampukan untuk mengemban amanah dari Tuhan.

Hanny N/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.