Lapor, Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Ilstrasi Kominfo)

LAPOR, Digitalisasi Pelayanan Publik, Warga Bisa Adukan Pelanggaran

(Beritadaerah – Nasional) Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa, menyatakan bahwa digitalisasi pelayanan publik melalui aplikasi berbasis internet saat ini diperlukan. Mengapa? Supaya para generasi penerus bangsa (millenial) juga lebih aktif melakukan pengaduan pada setiap pelayanan publik yang tidak sesuai dengan aturan berlaku.

“Eranya bergeser ke arah teknologi dan digitalisasi, maka saluran itu harus adaptif dengan teknologi agar fleksibel menangkap harapan masyarakat diruang milenial,” jelas nya pada pers.

Disampaikan, bahwa banyaknya jumlah pengaduan jangan diartikan bahwa pelayanan publik tersebut adalah buruk. Namun dalam konteks open government, hal tersebut merupakan wujud nyata partisipasi warga dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Selain itu, pengaduan masyarakat merupakan bagian dari kontribusi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Sebagai contoh juara United Nation Public Service Awards (UNPSA) tahun 2016 adalah inovasi pengaduan NYC 311 dengan menampung 36 juta aspirasi, pengaduan, dan permintaan informasi publik,” katanya.

Diah menjelaskan, generasi milenial merupakan kekuatan utama pembangunan bangsa dimasa mendatang. Selain itu, masyarakat dan mahasiswa adalah elemen bangsa yang utama dalam membuat dan mengimplementasikan kebijakan publik. Sistem ini akan memudahkan masyarakat dalam menyampaikan pengaduan, saran, masukan, dan harapannya kepada pemerintah.

Pengaduan dijaring secara terpadu dari pusat hingga ke daerah dan unit pelayanan terkecil, pengelolaan juga tidak terduplikasi, tepat sasaran pada lembaga yang berwenang menangani, tidak ada penolakan terhadap aduan, serta mudah diakses dan dikelola.

Melalui kerangka open government, dibangun kolaborasi, sinergi, soliditas, dan trust. Masyarakat percaya dengan pemerintah, kemudian pemerintah juga makin percaya diri dalam menjalankan program. Dengan demikian, masyarakat dan pemerintah saling mendukung pertumbuhan dan pembangunan, baik di pusat maupun daerah.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.