(Vibizmedia – DIY) Tidak bisa dipungkiri jika seseorang memasuki sebuah kota yang bukan tempat tinggalnya, akan mencari tahu dan menyempatkan diri mengunjungi daerah wisata termasuk wisata kuliner kota setempat. Demikian pula jika Anda berkunjung ke Yogyakarta atau DIY.

Mungkin Anda sudah puas bermain ombak di pantai Parang Tritis, dan berburu batik dan berbagai makanan oleh-oleh di sepanjang Jalan Malioboro sampai Pasar Beringharjo. Namun ada yang kurang sebelum Anda menikmati masakan khas Yogya seperti gudeg, sego pecel, atau bakmi godog.

Ada banyak restoran atau warung atau kedai bakmi godog (mie rebus) di kota Yogya, namun salah satu yang terkenal dan selalu banyak pengunjungnya adalah Bakmi Pele atau lengkapnya Nasi Goreng dan Bakmi Pele yang berlokasi di ujung Alun-Alun bagian Utara (Lor). Lokasinya tepat berada di depan SD Keputren VII. Teras kelas dan kantor Guru dipakai juga sebagai lokasi lesehan para pengunjung.

Bakmi goreng Pak Pele di pojok Alun-alun Utara Yogya (Foto: Emy T/ BD)

Berbagai menu masakan panas siap saji dapat Anda nikmati seperti nasi goreng, bakmi godog berkuah, bakmi godog nyemek atau bakmi goreng, dengan rasa bumbu Jawa yang khas dan sangat medok.

Tersaji juga berbagai minuman unik seperti es tape ketan dengan warna hijau menarik, rasanya manis asam dan dingin.

Es Tape Ketan di warung nasi goreng dan bakmi Pele, Alun-alun Utara, Yogya (Foto: Emy T/ BD)

Sambil menunggu antrian pesanan atau sambil menikmati sajian pesanan Anda, siap juga menghibur Anda dengan lagu-lagu dan alunan musik dari para pengamen yang memang menyatu dengan warung Pak Pele ini.

Pemain bas betot di warung nasi goreng dan bakmi Pele, Alun-alun Utara Yogya (Foto: Emy T/BD)

Merduanya suara musik dan lantunan nada lagu para penyanyi dan pemusik pria menambah asiknya menikmati makanan khas Yogya di malam hari.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Related Posts

4 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.