Lima Ratus Peserta Fishing Festival Memeriahkan Banyuwangi Festival 2019

(Beritadaerah – Banyuwangi) Berbagai event wisata kembali di gelar di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dalam upaya menarik minat wisatawan berkunjung ke kabupaten ini. Salah satunya dengan mengelar wisata bahari yakni Fishing Festival, yang kembali memeriahkan agenda wisata Banyuwangi Festival. Lebih dari 500 lebih pemancing dari berbagai kota di Indonesia hadir mengikuti kompetisi mancing yang digelar kali kedua ini, di Pantai Grajagan, Banyuwangi, pada hari Sabtu (21/9).

Peserta Lomba memancing di perairan Pantai Grajagan, Kecamatan Purwoharjo ini, bukan saja dari Banyuwangi saja tetapi animo peserta juga datang dari Banjarmasin, Banten, Bali, Surabaya, hingga Malang. Hal tersebut disampaikan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas ketika menghadiri Banyuwangi Festival.

“Meski baru digelar kali kedua, kami surprise ternyata para mancing mania yang ikut kompetisi ini datang dari berbagai kota di Indonesia,” kata Abdullah Azwar Anas yang dikutip laman Banyuwangikab, Sabtu (21/9).

Menurut Anas, lomba mancing ini adalah bagian dari pengembangan wisata bahari di Banyuwangi. Pantai Grajagan yang berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia ini dikenal sebagai tempat hidup bagi ikan-ikan karang.

Letak geografis dari Kabupaten Banyuwangi yang berada di ujung Timur dari Jawa Timur memiliki garis  pantai yang terpanjang dan potensi bahari juga sangatlah besar. Tidak hanya memperbaiki fasilitas pantai, namun beragam atraksi kami gelar untuk menarik wisatawan minat khusus. Seperti lomba mancing ini, yang sasarannya para pemancing dari seluruh nusantara, ungkap Anas.

Sementara itu Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko menambahkan kompetisi mancing ini adalah upaya dari Banyuwangi untuk menjaga kelestarian laut Banyuwangi. Dengan banyaknya titik pantai yang bisa menjadi tempat wisata seperti ini, maka akan terbentuk kelompok sadar wisata yang ikut menjaga pantai dan ikut serta membersihkannya.

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Harry Cahyo menjelaskan bahwa fishing festival ini digelar selama dua hari. Untuk hari pertama dengan lokasi di Segoro Anakan di kawasaan Wisata Bedul yang kali ini diikuti 188 peserta dan hari kedua yang berlangsung pada hari minggu diikuti oleh 348 peserta.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.