Inafest 2019 di Shanghai Menjadi Ajang Promosi Wonderful Indonesia

(Beritadaerah – Jakarta) Brand Wonderful Indonesia kembali dipromosikan di Indonesia Festival (Inafest) 2019 pada 20-22 September 2019 di Oriental Pearl Tower (OPT) yang merupakan ikon kota Shanghai, Tiongkok. Kegiatan Inafest 2019 merupakan kali keempat, hal tersebut disampaikan oleh Asdep Pengembangan Pemasaran II Regional I Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Vinsensius Jemadu, di Shanghai, Jumat (20/9).

“Melalui kegiatan Inafest 2019 ini diharapkan dapat meningkatkan ‘awareness’ terhadap Wonderful Indonesia melalui seni budaya dan produk Indonesia agar semakin dikenal oleh masyarakat Tiongkok, sehingga dapat menarik wisatawan asal Tiongkok untuk berkunjung ke Indonesia,” kata Vinsensius Jemadu dalam siaran pers yang diterima oleh Beritadaerah.co.id, Minggu (22/9).

Ditambahkan oleh Vinsensius bahwa booth Wonderful Indonesia lebih special karena Garuda Indonesia dan Ctrip (Online Travel Agent ternama di Tiongkok) bergabung di Booth menawarkan paket wisata ke Indonesia dengan harga spesial. Booth Wonderful Indonesia turut diramaikan oleh tim kesenian yang membawakan tari-tari tradisional serta angklung interaktif, coffee corner oleh barista, dan workshop membuat batik oleh Ambassador of Indonesian Batik (Putri Batik Nusantara).

Kemenpar menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada 2020 sebesar 20 juta, dimana sebanyak 2,8 juta wisman diantaranya adalah wisatawan asal Tiongkok. Menurut data Kemenpar, wisatawan Tiongkok selama berkunjung ke Indonesia rata-rata menghabiskan lama tinggal tujuh hari dengan pengeluaran sebesar US$ 1.019 per orang selama satu kali kunjungan. Sementara destinasi yang paling favorit bagi wisman Tiongkok adalah Bali, Manado, Lombok, Jakarta, dan Kepulauan Riau (Batam dan Bintan).

Kegiatan Inafest 2019 yang diinisiasi oleh Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Shanghai merupakan kegiatan pembuka dari rangkaian kegiatan Indonesian Week 2019. Partisipasi Kementerian Pariwisata pada Inafest kali ini antara lain melalui booth Wonderful Indonesia seluas 60 m2 di area Plaza OPT dan Pameran Foto Destinasi Wisata Indonesia.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), dari Januari sampai dengan Juli 2019 jumlah kunjungan wisman paling banyak berasal dari Malaysia sebanyak 1,84 juta kunjungan, diikuti oleh Tiongkok 1,25 juta kunjungan, Singapura 1,07 juta kunjungan, Australia 745,5 ribu kunjungan, dan Timor Leste 717,1 ribu kunjungan.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.