Sales Mission Paket Wisata di Vietnam Bukukan Transaksi Rp 204 Miliar

(Beritadaerah – Jakarta) Promosi pariwisata di luar negeri terus dilakukan oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar), salah satunya melalui Sales Mission (misi penjualan) di Vietnam. Melalui misi penjualan ini, Indonesia sukses membukukan potensi transaksi sebesar Rp 204 miliar. Misi penjualan paket wisata ini berlangsung pada tanggal 10 dan 11 September 2019 di dua kota besar di Vietnam.

Terkait dengan misi penjualan tersebut, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati mengatakan acara ini bertujuan untuk meningkatkan jejaring dan mengenalkan paket-paket perjalanan wisata yang ada di 10 destinasi prioritas. Selain itu juga untuk memperluas kontak bisnis antara seller Indonesia dan buyer Vietnam.

“Vietnam merupakan pasar yang potensial buat Indonesia. Buktinya saat kami melakukan sales mission di Hanoi, tercatat sebesar Rp 120,6 miliar potensinya. Sedangkan di Ho Chi Minh City tercatat Rp 83,6 miliar. Bila ditotal selama misi penjualan di Vietnam membukukan potensial transaksi sebesar Rp 204 miliar,” kata Dessy dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Kamis (19/9).

Dessy menjelaskan, Kemenpar menargetkan sebanyak 123 ribu wisatawan mancanegara (wisman) asal Vietnam yang masuk ke Indonesia sepanjang 2019. Untuk itu, sales mission akan dijadikan ajang mempromosikan destinasi-destinasi unggulan di Indonesia. Destinasi yang dipilih adalah Sumatera Utara, Batam, Bali, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Vietnam Ibnu Hadi meyakini bahwa jumlah kunjungan wisatawan Vietnam ke Indonesia akan semakin meningkat seiring dengan semakin tingginya pertumbuhan kelas menengah di Vietnam. Dan Indonesia harus dapat menangkap peluang dimana liburan ke luar negeri menjadi tren di kalangan kelas menengah di Vietnam.

Misi Penjualan yang dihadiri 84 agen perjalanan dan operator tur di Hanoi dan 40 agen/operator di Ho Chi Minh City itu bertujuan untuk mendorong penjualan paket wisata 10 Destinasi Prioritas Indonesia (The 10 New Bali) ke Vietnam.

Jumlah wisatawan keluar dari Vietnam pada 2018 sebesar 9.772.250 orang. Namun, jumlah turis Vietnam yang berkunjung ke Indonesia belum mencapai satu persen dari angka tersebut. Pada 2018, jumlah kedatangan wisatawan Vietnam ke Indonesia tercatat sebanyak 75.632 orang. Pada periode Januari-Juli 2019, jumlah turis Vietnam yang berkunjung ke Indonesia tercatat sebesar 53.000 orang atau meningkat sebesar 18.11 persen dari periode yang sama tahun lalu. Kemenpar menargetkan pada tahun 2019, kunjungan wisman ke Indonesia sebesar 20 juta.

Dalam misi penjualan kali ini, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Hanoi untuk mempromosikan dan menjual paket-paket wisata yang ada di Tanah Air.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.