Pontianak-Waterfront (Foto: Dok Setkab)

Presiden: Indahnya Kawasan Waterfront City Sungai Kapuas

(Beritadaerah – Nasional) Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerjanya ke Pontianak- Kalimantan Barat, usai menyerahkan sertifikat hak tanah untuk rakyat, melanjutkan kunjungan kerjanya menuju Mako Lantamal XII Pontianak, Kamis (5/9) siang.

Dari dermaga Mako Lantamal XII Pontianak, Presiden menaiki Kapal Patroli Lemukutan milik Lantamal XII menyusuri Sungai Kapuas, dan berlabuh di dekat Alun-alun Kota Pontianak.

Menurut Presiden Jokowi, kunjungan ini dimaksudkan untuk meninjau perkembangan kawasan Waterfront City Sungai Kapuas yang tersambung dengan Sungai Landak.Pembangunan dan pengembangan wilayah ini sudah 3 tahun ini dikerjakan Pemerintah Pusat bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan Pemerintah Kota Pontianak.

“Tadi kita lihat hasilnya rumah yang dulunya membelakangi sungai sebagian sudah mulai menghadap ke sungai. Sehingga kita lihat semuanya rapi, mulai dihijaukan. Kita lihatlah nanti setahun dua tahun yang akan, langsung perbedaannya kelihatan. Kurang sedikit saja yang kita kerjakan,” kata Presiden Jokowi menjawab pertanyaan wartawan.

Presiden menjelaskan, saat ini ada 4 pemukiman di tepi sungai yang sedang dibangun oleh pemerintah, yaitu di kota Bengkulu, Tegal, Semarang, dan Pontianak. “Dari 4 kota, ini yang paling bagus, paling panjang,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi berharap maksimal tahun depan pembangunan Waterfront City itu bisa dirampungkan. Sekaligus dengan penataan wilayah di sekitarnya, sehingga nantinya kawasan Sungai Kapuas bisa jadi percontohan.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.