Presiden Jokowi akan Hadiri Peluncuran Esemka di Boyolali, Jawa Tengah

(Beritadaerah – Jawa) Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi direncanakan akan hadir pada Launching Produk dan Fasilitas Produksi PT. Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9). Hal tersebut disampaikan oleh Hengki Angkasawan selaku Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan.

“Jumat direncanakan Menhub bersama Presiden akan hadir dalam acara Launching Produk dan Fasilitas Produksi PT. Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali – Jawa Tengah” kata Hengki yang dikutip laman Dephub, Jumat (6/9).

Esemka siap meluncurkan mobil perdananya sekaligus fasilitas produksi pabriknya. Pada launching tersebut akan diluncurkan produk niaga Bima 1.2 dan Bima 1.3 yang berjenis pick-up. Peluncuran Esemka dibarengi dengan diperkenalkannya fasilitas dari pabrik produksi tersebut, yang berlokasi di Jalan Sambi-Boyolali KM 3.5, Jawa Tengah.

Ditambahkan oleh Hengki, bahwa selepas acara mengikuti kegiatan Launching Produk dan Fasilitas Produksi PT Manufaktur Solo Kreasi (Esemka), Menhub akan menjadi keynote speaker pada kegiatan FGD dengan tema Kesiapan Infrastruktur Transportasi Kaitannya dengan Konektivitas Joglosemar.

Kegiatan tersebut akan diselenggarakan di Stasiun KA Bandara Adi Soemarmo dengan narasumber Kabadan Litbang Perhubungan, Direktur Prasarana Perkeretaapian, GM Angkasa Pura I Adi Soemarmo, PT. KAI dan Akademisi dari Universitas Negeri Surakarta (UNS).

Pada FGD ini akan dibahas progres pembangunan infrastruktur transportasi diantaranya KA Solo Balapan – Bandara Adi Soemarmo Solo serta revitalisasi Terminal Tipe A Tirtonadi. Rencananya, pembangunan jalur kereta ini juga akan menghubungkan 2 (dua) Bandara yaitu Bandara Adi Soemarmo di Surakarta dan Bandara Adi Sutjipto di Yogyakarta dengan perkiraan waktu tempuh 1 jam 11 menit. Harapannya, dalam jangka panjang jalur kereta ini akan terhubung juga dengan Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo.

Jumlah trip direncanakan sebanyak 12 trip/hari dengan headway 90 menit dan target penumpang per hari sebanyak 4.800 penumpang/hari. Untuk sarana, direncanakan menggunakan tipe Demu (1 trainset 4 cars) dengan kapasitas per car adalah 50 seats.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.