(Photo: Michico/BD)

Metrotrans Bus Ramah Penumpang Difabel

(Beritadaerah-Jakarta) Metrotrans merupakan transportasi publik yang merupakan inovasi dari Transjakarta. Kenyamanan sangat diutamakan bagi para pengguna Metrotrans dan juga ini merupakan bus ramah penumpang difabel. Lantainya yang rendah atau lower deck bus Metrotrans semakin memudahkan penumpang, terutama difabel, untuk menaiki bus ini. Bahkan Metrotrans juga dilengkapi dengan satu area kursi roda. Tersedia pula ram kursi roda pada area pintu untuk memudahkan keluar masuknya penumpang disabilitas.

(Photo: Michico/BD)

Bus ini memiliki dua pintu, yakni pintu depan dan tengah. Pintu depan digunakan untuk masuk, sedangkan pintu tengah untuk keluar. Di dekat kedua pintu terdapat mesin tap in dan tap out, sehingga penumpang dapat dengan mudah meletakkan kartunya untuk membayar tarif bus tanpa perlu didatangi satu per satu oleh petugas. Ketika penumpang masuk maka di awal akan men tap pada mesin yang ada, demikian juga ketika akan turun, kembali men tap mesin untuk turun.

(Photo: Michico/BD)

Alat tap on Metrotrans bisa diakses oleh seluruh kartu e-ticket dari bank yang bekerja sama dengan Trans Jakarta (flazz, emoney, tapcash, brizzi, jakcard, dan megacash) dan juga Jak Lingko dengan harga Rp 3.500.

Bagian depan bus dikhususkan untuk penumpang wanita. Ruang prioritas wanita itu terdiri dari 12 kursi penumpang reguler dan empat kursi prioritas. Delapan kursi di antaranya dibuat duduk berhadapan, sedangkan sisanya menghadap ke depan.

(Photo: Michico/BD)

Di bagian belakang bus untuk penumpang pria dan wanita diisi dengan 25 kursi yang menghadap depan. Selama menaiki Metrotrans, penumpang akan dihibur dengan dua televisi yang melantunkan musik. Bus ini memiliki 2 buah televisi widescreen ukuran 29 inchi dan juga dilengkapi oleh 12 kamera CCTV untuk memantau setiap sisi dalam maupun luar bus.

(Photo: Michico/BD)

PT Transjakarta mengoperasikan sejumlah bus metrotrans yang terhubung langsung dengan Stasiun MRT Dukuh Atas sejak 22 Maret 2019. Ada empat rute yang dilayani metrotrans tersebut, yakni DA1 (Dukuh Atas-Sam Ratulangi), DA2 (Dukuh Atas-Tanah Abang), DA3 (Dukuh Atas-Kuningan), dan DA4 (Dukuh Atas-Kota). Selain itu route Pondok Cabe-Tanah Abang dan Jatijajar (diperpendek sampai UI)-Lebak Bulus yang terhubung langsung dengan Stasiun MRT juga sudah dilayani dengan bus metrotrans. Metrotrans beroperasi dari jam 05.00 sd 21.00.

(Photo: Michico/BD)

Kenyamanan bagi penumpang pun dilengkapi dengan keramahan sopir yang juga siap menjawab setiap pertanyaan penumpang. Halte pemberhentiannya juga dibuat nyaman dan mudah dicapai, khususnya penumpang difabel, berbeda dengan halte busway. Haltenya pun dibuat rapi, cantik dan lengkap dengan informasi yang diperlukan bagi penumpang.

(Photo: Michico/BD)

About Endah Caratri

Endah Caratri is a Partner in Financial, Accounting and Tax Services of Vibiz Consulting. She also wrote hundreds of Journals and Columns of financial, taxation, property, business and management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.