Menpar: Oktober 2019, Groundbreaking Glamorous Camping di Danau Toba

(Beritadaerah – Sumatera) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dengan Menteri Koordinator (Kemenko) Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan melakukan pertemuan di The Kaldera Toba Samosir, Sumatera Utara (Sumut) pada hari Kamis siang (5/9). Dalam pertemuan tersebut Menpar Arief Yahya menegaskan komitmen pemerintah untuk melakukan pembenahan infrastruktur serta penyediaan utilitas dasar di kawasan ini. Salah satunya dengan menyiapkan Glamorous Camping (Glamping) dengan segera di destinasi wisata prioritas Danau Toba, seiring percepatan pembangunan infrastruktur pariwisata di wilayah ini.

“Kita pastikan peluncuran Groundbreaking Glamorous Camping atau Glamping akan dilaksanakan pada 10 Oktober 2019,” ujar Menpar Arief Yahya dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Kamis (5/9).

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan juga menyampaikan komitmen yang sama untuk mengembangkan wilayah Danau Toba, sehingga nantinya dapat membuka lapangan kerja sebanyak mungkin.

Menpar juga melihat antusiasime dan respon aktif masyarakat di kawasan Danau Toba terkait program pemerintah memajukan wisata daerah ini. Misalnya saja saat Menpar Arief Yahya berkunjung ke Desa Lumban Bulbul Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatra Utara. Masyarakat mulai menyadari pentingnya amenitas yang baik. Hal ini tercermin dari semakin banyaknya jumlah homestay yang tersedia. Tercatat ada sekitar 17 homestay dan 70 kamar di desa dengan Pantai Pasir Putih yang memesona ini.

Namun Menpar Arief Yahya kembali mengingatkan bahwa tidak cukup hanya mengandalkan amenitas berkualitas semata. Masyarakat juga harus menonjolkan diferensiasi budaya sehingga menarik minat para wisatawan. Sementara itu, dari segi aksesibilitas, pemerintah mulai melirik pembangunan fasilitas tambahan seperti terminal dan penambahan panjang runway Bandara Udara Sibisa yang berada sekitar 4 kilometer dari The Kaldera.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam rapat terbatas tentang Pengembangan Destinasi Pariwisata Prioritas pada 15 Juli 2019 mengemukakan, dari 10 Destinasi Pariwisata Prioritas atau 10 Bali Baru, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan empat yang super prioritas, yaitu Danau Toba, Mandalika, Borobudur, dan Labuhan Bajo.

Pada akhir Juli 2019, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerjanya ke Danau Toba dalam rangka memutuskan perencanaan pengelolaan destinasi wisata Danau Toba sebagai sebuah destinasi wisata yang berkelas. Berbagai proyek pengembangan kawasan pariwisata sekitar Danau Toba sedang dilakukan mulai tahun 2019, dan diharapkan selesai bertahap mulai tahun 2020 mendatang.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.