Citilink Buka Rute Balikpapan, Banyuwangi Segera Terhubung Ibu Kota Baru

(Beritadaerah – Banyuwangi) Beberapa maskapai nasional telah membuka sejumlah rute baru dari dan ke Bandara Internasional Banyuwangi di Jawa Timur. Maskapai Citilink Indonesia dalam waktu dekat akan menggarap rute Balikpapan-Banyuwangi. Anak usaha dari Garuda Indonesia ini terus melakukan ekspansi rute di Bandara Internasional Banyuwangi.

Penerbangan Balikpapan-Banyuwangi pergi-pulang akan dibuka pada pertengahan September 2019, hal tersebut dikatakan oleh District Sales Manager Citilink Banyuwangi Dadang Teguh Setiawan. Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan adalah bandara utama penopang ibu kota baru yang telah ditetapkan Presiden Jokowi di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara.

”Citilink akan menggunakan pesawat Airbus A-320 dengan kapasitas 180 seat,” kata Dadang yang dikutip laman Banyuwangikab, Senin (2/9).

Dadang sampaikan bahwa rute Balikpapan-Banyuwangi akan digarap tiga kali dalam seminggu, yaitu Senin, Rabu, dan Jumat. Dari Banyuwangi, pesawat berangkat pada pukul 10.35 WIB dan sampai di Balikpapan pada 13.15 WITA. Adapun dari Balikpapan berangkat pukul 13.55 WITA, dan tiba di Banyuwangi pukul 14.30 WIB. Waktu penerbangan tidak sampai dua jam tiga puluh menit.

Sementara itu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut gembira rencana dibukanya rute baru ke Balikpapan. Kabupaten Banyuwangi tidak hanya memperluas konektivitas penerbangan menuju Banyuwangi, rute ini ke depan akan mempermudah daerah Banyuwangi dan sekitarnya, termasuk Jember, Situbondo, Bondowoso, dan kabupaten di Bali Barat dalam membangun relasi dengan pemerintah pusat yang akan berkantor di Kaltim.

Ditambahkan oleh Anas, bahwa penyiapan ibu kota baru pasti menggeliatkan ekonomi Kalimantan. Investasi disana meningkat dan kesejahteraan warganya naik. Dengan hal tersebut, Bupati Anas mengajak, masyarakat di Balikpapan untuk berwisata ke Banyuwangi, cukup naik pesawat, dan tidak lama waktunya. Pelesir di Banyuwangi bisa dua hari, lalu bisa lanjut ke Bali, naik pesawat juga dari Banyuwangi cuma 25 menit, ujar Anas.

Anas juga berharap rute tersebut akan semakin membuka peluang berbagai sektor usaha di Banyuwangi dan daerah sekitarnya. Kabupaten Banyuwangi memang memiliki sejumlah destinasi yang menarik seperti Taman Nasional Baluran atau yang disebut juga Africa Van Java terletak di sebelah utara kota Banyuwangi, Kawah Ijen yang merupakan gunung active volcano, Pantai Pulau Merah, Pantai Boom, Pantai Watu Dodol, Teluk Hijau atau green bay serta Desa Osing yang warganya masih mempertahankan adat istiadat asli Banyuwangi.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.