Menpar : Garut Memiliki Potensi Menjadi Destinasi Pariwisata Kelas Dunia

(Beritadaerah – Garut) Dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (2/9), Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya ingin menjadikan Garut sebagai destinasi pariwisata kelas dunia. Hal tersebut disampaikan Menpar saat membuka Pasar Wisata Digital Candi Cangkuang di objek wisata Situ Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Acara peluncuran Pasar Wisata Digital Candi Cangkuang dimeriahkan dengan berbagai atraksi menarik antara lain Helaran Seni Rudat, Prosesi Adat Kampung Pulo, Rampak Kohkol, Rampak Kendang, Arumba, serta lawak dan pertunjukkan musik milenial.

Selain itu disajikan bermacam kuliner khas Garut antara lain Nasi Liwet Domba Garut, Baroyot dan Gayodot, serta sajian Kopi Garut yang memiliki rasa khas dan disukai kaum milenial. Sajian kuliner tersebut disajikan oleh masyarakat sekitar destinasi Situ Cangkuang.

Menpar tambahkan bahwa Garut memiliki potensi menjadi destinasi pariwisata kelas dunia. Apalagi, kabupaten ini memiliki sejumlah destinasi wisata unggulan yaitu Situ Bagendit, Dayeuh Manggung, serta Candi dan Situ Cangkuang.

“Dari tiga destinasi unggulan yang dipunyai Garut yakni Situ Bagendit, Dayeuh Manggung, serta Candi dan Situ Cangkuang. Situ Bagendit akan direvitalisasi dan ditata kembali untuk dijadikan sebagai destinasi kelas dunia,” kata Menpar Arief Yahya dalam keterangan persnya kepada Beritadaerah.co.id, Senin (2/9).

Dukungan pemerintah pun akan diberikan untuk menjadikan Garut sebagai destinasi pariwisata kelas dunia. Anggaran Rp 100 miliar dari Kementerian PUPR dan Rp 30 miliar dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dialokasikan untuk Situ Bagendit. Sementara itu, Situ Cangkuang akan mendapatkan alokasi dana sebesar Rp 7 milyar.

Menpar Arief Yahya yang didampingi Bupati Garut Rudy Gunawan dan Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah pada kesempatan itu menjelaskan, Garut mempunyai potensi pariwisata yang besar meliputi atraksi alam, budaya, dan buatan. Para stakeholder pariwisata dan terutama kaum muda milenial mesti bersama-sama memajukan potensi wisata daerah ini.

Sementara itu Bupati Garut Rudy Gunawan melaporkan Kabupaten Garut telah mempunyai tiga pasar wisata digital, yaitu Situ Bagendit, Dayeuh Manggung, dan Candi Cangkuang yang hari ini diluncurkan oleh Menpar Arief Yahya.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.