Ilustrasi: Rumah MBR

PUPR Dukung MBR Punya Rumah Layak Huni

(Beritadaerah –Nasional) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar Pameran Perumahan, sebagai upaya mendorong masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dapat menikmati subsidi rumah.

Beberapa program perumahan dari Kementerian PUPR yang sudah berjalan seperti KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), Subsidi Selisih Bunga Kredit Perumahan (SSB), dan Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM) dan Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT).

“Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) tahun 2019. Ini penting karena hunian yang terjangkau selalu tumbuh lebih lambat dibandingkan dengan harga rumah,” kata Sekjen Kementerian PUPR Anita Firmanti dalam sambutan pembukaan Pameran Perumahan pada Selasa (27/8).

Anita berharap, kegiatan ini mampu memberikan dukungan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk mewujudkan rumah layak yang terjangkau bagi MBR. “Kami berharap dukungan dan kontribusi dari stake holder perumahan, antara lain lembaga pembiayaan, pelaku pembangunan, akademisi, dan lembaga masyarakat agar kita bisa menyediakan rumah layak yang terjangkau,” katanya.(Berita terkait: Selain Bangun Rusun MBR, PUPR Bangun Untuk ASN Rusun LIPI di Bogor).

Pameran Perumahan Rakyat ini berlangsung selama dua hari pada Selasa-Rabu, 27-28 Agustus 2019 di Lapangan Sapta Taruna Kementerian PUPR. Pameran diikuti oleh 21 pengembang perumahan subsidi dan 7 bank pelaksana penyalur Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Sejahtera yakni Bank BTN, Bank BTN Syariah, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI Syariah, dan Bank BJB.

Program bantuan pembiayaan rumah subsidi yang terus dirasakan masyarakat adalah FLPP. Pada tahun 2019, Kementerian PUPR melalui Lembaga Pengelola Dana Pembiayaan Perumahan (LPDPP) menyalurkan pembiayaan perumahan KPR Sejahtera FLPP sebesar Rp7,1 triliun untuk 68.858 unit rumah. Hingga 20 Agustus 2019, FLPP yang telah disalurkan sebesar Rp5,128 triliun untuk 53.355 unit rumah atau terserap 77,49 persen dari total penyaluran tahun 2019.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.