Mendagri Siapkan RUU Ibu Kota Baru (Foto: Kominfo)

Mendagri Siapkan RUU Ibu Kota Baru Republik Indonesia

(Beritadaerah – Nasional) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, dalam keterangannya kepada pers di Jakarta (27/8/2019), menyatakan bahwa Kementerian Dalam Negeri sedang  menyiapkan Rancana Undang-Undang (RUU) penetapan ibu kota RI baru, yang akan dibahas bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

“Sedang diharmonisasi saja, sambil menunggu bagaimana jawaban surat bapak Presiden kepada Ketua DPR yang sudah disampaikan,” kata Mendagri .

Tjahjo Kumolo memberikan keterangan bahwa saat ini pihaknya masih melakukan kajian terkait wacana pemindahan ibu kota negara ke sebagian Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Pemerintah akan terus menyempurnakan regulasi terkait wacana pemindahan ibu kota tersebut. “Ada terkait beberapa regulasi yang harus disempurnakan, itu prinsipnya,” tegasnya. Mendagri mengungkapkan, belum membahas lebih jauh terkait administrasi pemerintahan di ibu kota baru tersebut.

“Sekretariat Negara yang mengurus apa fungsi-fungsi kementerian yang akan jalan nanti sambil jalan, mungkin setelah dua tahun atau setelah tiga tahun proses pembangunan,” tuturnya. Mendagri  memastikan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, bersama pemerintah daerah dan masyarakat adat siap membantu wacana pemindahan ibu kota negara tersebut.

“Tahun depan mulai ada tahapan-tahapan pembangunan infrastrukturnya dulu. Ini kan hutan,” tambahnya. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan ibu kota baru berada di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Sebagian wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, dan Penajam Paser Utara, yang terpilih sebagai lokasi ibu kota baru tidak akan menjadi daerah otonom baru. “Ibu kota baru ini bukan merupakan daerah otonomi baru dibentuk satu kabupaten atau dibentuk kotamadya, tidak. Ini seperti Putrajaya di Kuala Lumpur,” katanya.

Mendagri  menegaskan, wilayah ibu kota Negara RI baru nanti hanya akan menjadi pusat pemerintahan Indonesia. Sedangkan pusat perekonomian tetap berada di DKI Jakarta.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.